Informasi Dunia Islam

Saturday, 17 October 2015

Benarkah Laki-Laki Bertanggung Jawab Atas 4 Wanita Ini ?

Benarkah Laki-laki bertanggung jawab atas 4 wanita ini ? --  Mungkin banyak yang
telah mengerti bahwa laki-laki memiliki tanggung jawab yang cukup besar kepada 4 wanita yaitu ibu kandungnya, wanita yang menjadi istrinya, saudara perempuannya serta anak perempuanya.

Benarkah Laki-Laki Bertanggung Jawab Atas 4 Wanita Ini ?


Dan memang ke 4 wanita tersebut bisa dikatakan sebagai harga diri dari laki-laki itu sendiri sehingga tidak mengejutkan jika banyak yang mengatakan bahwa laki-laki memiliki tanggung jawab terhadap ke empat wanita tersebut. namun, apakah memang benar-benar ada dalil yang membenarkan hal tersebut ?. berikut penjelasannya.

Nampaknya memang tidak ada dalil AL Quran atau hadist khusus yang menyatakan bahwa seorang laki-laki memiliki tanggung jawab terhadap keempat wanita tersebut. namun yang banyak ditemui hanyalah dalil-dai secara syari namun secara umum. Beberapa diantaranya adalah dalam QS At Thahrim ayat 6 yang berbunyi :


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

6. Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

Dalam sebuah hadist juga disebutkan “"Setiap orang diantara kalian adalah pemimpin, dan masing-masing dari kalian akan dimintai pertanggung jawaban (oleh Allah) tentang apa yang dipimpinnya."
Jika melihat firman Allah dan juga hadist tersebut menjelaskan tentang tanggung jawab seorang laki-laki baik itu suami, ayah, imam bahkan pemimpin negara terhadap semua keluarganya dan tentunya juga terhadap orang-orang yang dibawahnya. 

Dan tentunya hal ini juga mencakup untuk para wanita ketika ia menjadi seorang pemimpin. Sehingga memang tidak ada kekhususan tertentu terhadap lelaki. Sehingga memang menjadi tanggung jawab semua anggota keluarga untuk sama-sama melindungi setiap anggota keluarganya yang melakukan doa dan juga kemaksiatan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Benarkah Laki-Laki Bertanggung Jawab Atas 4 Wanita Ini ?

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Mohon Komentatnya Tidak Melanggar TOS
1.Tidak saling menghina
2.menghargai postingan ini
3.Berkomentarlah sesuai dengan postingan atau relevan
4.Berkomentarlah dengan bahasa indonesia yang abik
5.Hargai pendapat orang lain
6.Harap tidak memasang link aktif