Histats

Apakah Itu Jilbab, Hijab, Dan Kerudung ?

JILBAB, KERUDUNG, HIJAB, PURDAH,CADAR

sobat muda sekalian, tentu tidak asing lagi bagi kalian mendengar istilah-istilah diatas. Tapi apakah sobat tau apa perbedaannya?? Alias tetap adakah yang binggung dari kesemuaannya?? Mari kami baca bersama-sama supaya pengetahuan yang kami miliki bertambah serta terus jelas syari’at  yang kami laksanakan hanya untuk mengharap Ridho-Nya semata.
Baca Juga : Malu Dilihat Anjing

Apakah Itu Jilbab, Hijab, Dan Kerudung ?


JILBAB
tahukah sobat apa itu jilbab serta apakah hukumnya??
Jilbab Berasal dari bahasa arab yang jamaknya jalaabiib artinya pakaian yang lapang/luas. Pengertiannya yaitu, pakaian yang lapang serta bisa menutup aurat wanita seluruhnya, kecuali muka serta kedua telapak tangan (hingga pergelangan saja yang ditampakan).
Sedangkan menurut terminologi, dalam kamus yang dianggap standar dalam Bahasa Arab, jilbab berarti selendang, alias pakaian lebar yang digunakan wanita untuk menutupi kepada, dada serta tahap belakang tubuhnya.
Jilbab ini hukumnya merupakan harus sebagai suatu  keharusan yang tentu alias utama bagi wanita dewasa yang mukminat alias muslimat. Loh kok bisa harus?? Apa dalilnya??


يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْلأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْجَلابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُغَفُورًا رَحِيمًا (٥٩)

"Hai Nabi, Katakanlah kepadaisteri-isterimu, anak-anak perempuanmu serta isteri-isteri orang mukmin:"Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka".yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, sebab itu merekatidak di ganggu. serta Allah merupakan Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS: Al-Ahzab:59)
Kok bisa harus??
Sobat semua harus inget, bahwa menurut qaidah ushulul fiqh: “الأصل في الأمر يفيد الوجوب”  (asal perintah dalam nash itu menunjukkan keharusan). Artinya, perintah berjilbab dalam ayat ini bersifat harus. Kecuali kalau ada dalil lain yang memalingkan dari hukum harus itu menjadi hukum lain.
hukum harus menggunakan jilbab juga dijelaskan dalam permulaan surah An Nuur :Firman Allah
SWT :

سُورَةٌ أَنْزَلْنَاهَا وَفَرَضْنَاهَا وَأَنْزَلْنَافِيهَا آيَاتٍ بَيِّنَاتٍ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ (١)

" (ini merupakan) satu surat yang Kami turunkan serta Kami haruskan (menjalankan hukum-hukum yang ada di dalam) nya, serta Kami turunkan didalamnya ayat ayat yang jelas, supaya kalian rutin mengingatinya."
berikut fotoan jilbab sesuia syar'i:

Apakah Itu Jilbab, Hijab, Dan Kerudung ?

KERUDUNG
Trus, kalo kerudung apa??
nah, kalo kerudung ini berasal dari bahasa indonesia. Yang kalo dibahasa arabinnya merupakan khimaar , jamaknya khumur yaitu tutup/tudung yang menutup kepala, leher, hingga dada wanita.
tidak jarang diartikan bahwa kerudung berdifinisi hampir sama dengan jilbab. Tapi sesungguhnya berbeda.

Trus bedanya apa sama jilbab??
Jilbab mempunyai pengertian yang lebih luas, Sebab Jilbab bisa diartikan sebagai busana muslimat yang menjadi satu corak, yaitu busana yang menutup seluruh tubuhnya, mulai dari atas kepala hingga kedua telapak kakinya yang sehingga satu (menyatu) tanpa memakai kerudung lagi. Sedangkan Khimar itu (kerudung) hanya tudung yang menutupi kepala hingga dada saja. Sama halnya semacam Jilbab, kerudung ini hukumnya harus. Menurut dalil  surah An-Nur ayat 3:


وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَفُرُوجَهُنَّ وَلا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَبِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ وَلا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلالِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْأَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِيإِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْأَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الإرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِالَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَى عَوْرَاتِ النِّسَاءِ وَلا يَضْرِبْنَبِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ وَتُوبُوا إِلَىاللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَا الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (٣١)

" Katakanlah terhadap wanitayang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, serta kemaluannya, sertajanganlah mereka Menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. serta hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, serta janganlahMenampakkan perhiasannya kecuali terhadap suami mereka, alias ayah mereka, atauayah suami mereka, alias putera-putera mereka, alias putera-putera suami mereka,atau saudara-saudara laki-laki mereka, alias putera-putera saudara lelakimereka, alias putera-putera saudara perempuan mereka, alias wanita-wanita Islam,atau budak- budak yang mereka miliki, alias pelayan-pelayan laki-laki yang tidakmempunyai keinginan (terhadap wanita) alias anak-anak yang belum mengertimengenai aurat wanita. serta janganlah mereka memukulkan kakinyua supaya diketahuiperhiasan yang mereka sembunyikan. serta bertaubatlah kalian sekalian terhadap Allah,Hai orang-orang yang beriman supaya kalian beruntung."

HIJAB
Nah, hijab ini bagaimana??
Hijab berasal dari kata “hajaban” yang artinya menutupi. Hijab menurut Al Quran artinya penutup dengan cara umum. Alias diartikan sama dengan tabir alias diding/penutup. Arti yang dimaksud dari hijab alias tabir disini merupakan tirai penutup alias sesuatu yang memisahkan/membatasi baik berupa tembok, bilik, gorden, kain serta lain-lain. Sebuahketika, sahabat nabi meminta sebuahbarang terhadap istri Rasul yang berada dibalik hijab. Jadi bisa diartikan dengan cara umum bahwa hijab bisa berupa tirai pembatas serta sejenisnya.

Adapun makna lain dari hijab merupakan sesuatu yang menutupi/menghalangi dirinya. Jadi setiap jilbab merupakan hijab, namun tak semua hijab itu berarti jilbab.

MUKENA/ RUKUH
kalo ditanya apasih mukena??
Kayaknya tak sedikit dari kalian bakal menjawab “pakaian yang biasa dipakai wanita utk sholat”. Tak sedikit orng terbukti mengartikannya sebagai kain selubung (baju kurung) bagi wanita yang diggunakan khusus saat shalat. Padahal sebetulnya tak ada pakaian khusus untuk dipakaian dalam shalat, sebagaimana tak ada pakaian khusus untuk para lelaki yang dipakai saat shalat. Yang dimaksud kain selubung/baju kurung itu sebetulnya merupakan jilbab itu sendiri.
Baca Juga : RESEP MENJADI ISTRI IDAMAN

dalam bahasa arab mukenan berasal dari muqna’ah/miqna’ah. Serta mukena ini sebetulnya lebih mirip kerudung ketimbang jilbab, hanya saja muqna’ah ini agak lebih panjang kebawah dibandingkan kerudung. Meskipun, umumnya tak sedikit yang mempunyai definisi tak sama mengenai mukena ini.
Berarti boleh sholat dengan mengenakan busana lain tidak hanya mukenah??

Tentu saja boleh mengenakan busana muslimah yang biasa dikenakan sehari-hari. Sebab yang paling penting merupakan menutupi aurat wanita kecuali yang biasa diperlihatkan saja, yakni muka/ wajah serta kedua telapak tangan samapai pergelangan tangan saja. Serta busana muslimah itulah Jilbab.

Semoga bermanfa'at silahkan share untuk sahabat lainya