Histats

Beberapa Tanda Jika Kiamat Sudah Dekat

Kiamat dari segi bahasa artinya merupakan kebangkitan, Dengan cara
istilah Kiamat bisa diartikan sebagai Hari Kebangkitan seluruh umat manusia dari Nabi Adam hingga manusia terbaru. Istilah mengenai Kiamat ini diyakini oleh umat agama Islam, Kristen serta Yahudi.
Baca Juga :

Beberapa Tanda Jika Kiamat Sudah Dekat



Lalu kapan bakal terjadi hari kiamat? Jawaban yang cocok mengenai pertanyaan tadi merupakan Wallahu A'lam alias Hanya Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang Mengenalnya. Bakal tetapi ada berbagai teks yang bersumber dari Rasulullah SAW mengenai ciri ciri serta tanda tanda bakal terjadinya Kiamat Kubro alias Kiamat Besar yang telah sangat dekat dengan sekarang.

Butuh pembaca ketahui bahwa Kiamat terbagi menjadi 2, Kiamat Sughra (Kecil) serta Kiamat Kubro (Besar). Kiamat Kubro tak bakal terjadi apabila tanda tanda Kiamat Sughro belum tak sedikit yang muncul. serta dibawah ini merupakan berbagai ciri serta tanda Kiamat Sughro.

Tanda Tanda Kiamat Kecil

Diantara tanda tanda Kiamat Kecil ialah terjadi tak sedikit fitnah, pembunuhan merajalela, manusia di zaman itu suka berbuat keji serta kemungkaran semacam zina, ber mabuk mabukan, judi, mereka tak malu berbuat keji bahkan bangga apabila lakukanannya itu dilakukan dengan cara terang-terangan. Sehingga, orang yang berpegang teguh pada agamanya dimisalnyakan semacam menggenggam bara api di tangannya.

Selain itu tanda-tanda kiamat kecil merupakan dicabutnya ilmu agama, jumlah wanita melebihi jumah pria, tak sedikit orang yang suka menggunakan sutera serta perabotan dari emas, munculnya para dai yang menyesatkan, para pemimpin yang menyimpang, amanat disia-siakan dengan diserahkan terhadap orang yang bukan berpengalaman.

Demikian pula, di zaman itu bakal jarang turun hujan, tak jarang terjadi bencana, gempa, banjir, gunung meletus. harga-harga barang bakal naik tajam, kaum perempuan keluar dengan berpakaian tapi pada hakikatnya tak menutupi tubuhnya.

Tanda-tanda kiamat kecil yang lain ialah terjadi perang antara Yahudi serta Islam. Akhirnya kaum muslimin membunuh mereka hingga akhirnya orang-orang Yahudi bersembunyi di balik batu serta pepohonan, lalu pohon alias batu tersebut berbicara, “Wahai orang muslim, wahai hamba Allah! Ini orang Yahudi di belakangku. Kemari, bunuh dia!” Kecuali pohon Gharqad, sebab sesungguhnya pohon Gharqad tergolong pohon orang Yahudi.

Di masa itu waktu bakal berlangsung sangat cepat, jadi setahun semacam sebulan, sebulan seolah-olah hanya satu jam, serta satu jam hanya semacam bara api yang membakar dengan cepat.

Dan diantara tanda-tanda kiamat kecil yang lain merupakan tak sedikit orang yang menyia-nyiakan sholat, menuruti hawa nafsunya sendiri, orang pembohong dibenarkan serta diikuti, orang jujur dianggap pendusta, orang yang suka berkhianat dianggap bisa dipercaya, orang yang bisa dipercaya dianggap berkhianat. Alquran bakal hilang. Yang tersisa hanyalah tulisannya bakal tetapi tak tidak sedikit yang membaca serta mengamalkannya.

Tanda Tanda Kiamat Besar

Diriwayatkan dari Sahabat Hudzaifah bin Usaid Al Ghifari ia mengatakan: Rasulullah SAW memperhatikan kami sewaktu kami sedang berbincang. Beliau bertanya, Apa yang sedang kalian perbincangkan? Mereka menjawab, Kami berbincang mengenai hari kiamat. Beliau bersabda, Sesungguhnya kiamat tak bakal terjadi jadi kalian menonton 10 tanda. Lalu beliau menyebut asap, Dajjal, binatang, terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya (Barat), turunnya Nabi Isa, Ya'juj serta Ma'juj, tiga longsor besar, longsor di Timur, longsor di Barat, serta longsor di semenanjung Arab. Yang terbaru merupakan keluarnya api yang keluar dari Yaman yang bakal menggiring manusia ke tempat mahsyar mereka. (HR. Muslim)

Munculnya Dajjal

Dajjal merupakan seorang manusia dari bani Nabi Adam. Dirinya bakal timbul di akhir zaman serta bakal mengaku sebagai Tuhan. Dirinya keluar dari Timur dari Khurasan (sekarang Iran). Lalu ia berlangsung di muka bumi, ia tak bakal meninggalkan satu negeri kecuali ia memasukinya, kecuali Masjidil Aqsha, Tursina, Makkah serta Madinah, ia tak bisa memasukinya sebab para malaikat menjaganya.

Munculnya Dajjal merupakan fitnah yang sangat besar bagi kaum muslimin. Dalam suatu  hadits shohih dikatakan bahwa bersamanya ada surga serta neraka. Nerakanya merupakan surga serta surganya merupakan neraka. Serta sesungguhnya bersamanya ada gunung roti, sungai air. Dirinya sanggup menyuruh langit (untuk menurunkan hujan) maka turunlah hujan. Menyuruh bumi (untuk menumbuhkan tumbuhan) maka tumbuhlah tumbuhan. Perbendaharan bumi mengikutinya. Dirinya bisa melalui bumi dengan sangat cepat.

Dajjal bakal menetap di bumi selagi empat puluh hari. Tetapi Satu hari di masa itu bagai setahun, kemudian satu hari selanjutnya semacam satu bulan, satu hari seusainya semacam satu Jum’at, serta seusainya bakal semacam hari-hari biasa. Lalu ia bakal dibunuh oleh Sayyidina Isa bin Maryam di segi pintu ludd di Palestina.

Ciri-Ciri Dajjal

Junjungan kami Nabi Muhammad SAW membahas terhadap kami mengenai sifat-sifatnya supaya kami berhati-hati dari fitnahnya. Beliau menerangkan bahwa dajjal merupakan seorang laki-laki, muda, berkulit merah, buta sebelah matanya, tak punya anak, tertulis di antara kedua matanya 'kafir' yang bisa dibaca setiap muslim.

Semoga bermanfa'at silahkan share