Histats

Lakukan Hal Ini, Insyaallah Kecepatan Kerja Kita akan Meningkat

Setiap pekerja pasti ingin setiap pekerjaannya cepat dengan waktu
yang relatif singkat, tapi kadang kecepatan mengerjakan pekerjaan tidak berbanding lurus dengan kualitas pekerjaan. Makin cepat makin baik kualitas pekerjaan kita, begitu yang ideal bukan.
Baca Juga : Ternyata Ini Beberapa Alasan Wanita Enggan Menggenakan Jilbab

Lakukan Hal Ini, Insyaallah Kecepatan Kerja Kita akan Meningkat


Tapi yang terjadi kadang sebaliknya, kita bekerja dengan cepat, tapi hasilnya tidak memuaskan. Jadinya waktu pribadi kita jadi berantakan. Coba bayangkan seandainya pekerjaan yang kita emban lebih cepat selesai, dengan kualitas yang bagus, tentu kita bisa menikmati waktu pribadi kita seperti membaca Alquran, murajaah, bermain bersama anak-anak, melakukan hobi kita dan lain-lain.

Saya selalu mengeluh soal waktu! waktu yang ada terlalu singkat untuk mengerjakan sesuatu tetapi terasa lama untuk tidak mengerjakan apa-apa." ( Ratu Charlote)

Berikut ini tips untuk meningkatkan kecepatan dalam bekerja, simak selengkapnya.

1. Membuat daftar aktifitas yang harus dikerjakan
Lebih dari 50% pekerja tidak membuat jadwal kegiatan mereka sehari-hari, mereka hanya mengetahui yang sedang dan akan dikerjakan. Ini sebenarnya tidak cukup, coba memulai dengan membuat jadwal kegiatan dengan memilih menjadi beberapa bagian. Kita bisa membagi jadwal dalam hitungan seperempat hari atau dalam hitungan jam, kemudian komitmenlah untuk mengikuti jadwal yang telah kita buat itu.

2. Membuat skala prioritas 
Setelah kita membuat daftar pekerjaan yang harus diselasaikan, hal yang kemudian kita lakukan adalah membuat skala prioritas pekerjaan, berdasarkan waktu. Ini penting dilakukan mengingat daftar pekerjaan yang harus kita lakukan sangat banyak, kita juga bisa membagi daftar menjadi 3 bagian.

a. Daftar pekerjaan harian,

b. Daftar proyek yang harus dikerjakan,

c. Daftar yang harus dikerjakan dalam jangka waktu tertentu dan jangka panjang.

3. Mengatasi penundaan
George claude lorimer berkata, "Menangguhkan pekerjaan yang mudah akan membuatnya menjadi sulit, menangguhkan pekerjaan sulit membuatnya menjadi sesuatu yang tidak mungkin."

4. Menghilangkan kebiasaan yang membuang-buang waktu
Tuliskan kebiasaan buruk kita di kertas lalu temple didinding yang mudah terlihat sewaktu kita bekerja, dan tuliskan kata-kata untuk menghindar dari kebiasaan itu. Dan belajarlah dan berani berkata tidak untuk melakukan pekerjaan diluar jadwal dan tugas yang kita ambil.

5. Menghindari gangguan yang datang dari luar
Ini kadang yang agak sulit kita hindari, karena kita bekerja dengan banyak orang, tapi kita bisa menyiasatinya dengan menyediakan waktu tertentu setiap hari untuk bertemu dengan orang-orang dan menerima telephon.

6. Membuat dan menggunakan SOP
Belajarlah dari pengalaman, tuliskan langkah-langkah yang paling efektif dan tuliskan menjadi beberapa langkah untuk setiap pekerjaan yang bersifat sama.

7. menyesuaikan jadwal dengan tingkat energi kita
Menurut penelitian DR Nathaniel Kleitmen bahwa suhu tubuh berfluktuasi 3, ketika suhu tubuh turun maka energi kita meningkat, namun ketika suhu tubuh kita naik maka energi kita menurun.maka dari itu kebanyakan orang lebih suka kedinginan daripada kepanasan. Kenali dengan baik kapan kira-kira energi kita sedang maksimal, disaat itulah kita mengerjakan hal-hal yang berat.

8. Memelihara puncak energi sepanjang hari
Antusiasme adalah salah saru faktor dari sumber energi kita, maka lakukan hal-hal yang membuat antusiasme kita terhadap pekerjaan anda tinggi. Dan hindarilah kebosanan karena dengan melakukan hal yang membosankan energi anda akan turun. Kenalilah hal-hal yang membuat anda antusias dan tetap berenergi mengerjakan sesuatu. Bisa dengan berbagai cara, masing-masing orang berbeda.
Baca Juga : Apa Boleh Merayakan Ulang Tahun Anak dalam Islam?

9. Mendesain ruang kerja yang produktif.
Aturlah sedemikian rupa ruang kerja kita, sehingga semangat untuk bekerja terus tumbuh. Aturlah barang-barang atau dokumen yang mudah untuk kita jangkau.

Sumber : ummi-online.com