Histats

Ini Sebabnya Harus Berucap Hamdallah Ketika Bersin

Tak ada seorang pun yang hidup tapi tidak pernah merasakan bersin. Biasanya
kita akan bersin ketika kita merasakan ada benda asing yang masuk ke dalam hidung, seperti debu, bakteri ataupun kotoran lainnya. apabila bersin kita berhenti atau tidak jadi, maka akan terasa sangat menyebalkan.
Baca Juga : Inilah Dia Orang yang Shalatnya Tidak Diterima
Ini Sebabnya Harus Berucap Hamdallah Ketika Bersin


Berikut Ini Sebabnya Harus Berucap Hamdallah ketika Bersin
Bersin adalah fenomena yang terjadi ketika hidung kemasukan debu, bakteri atau benda asing lainnya. Setelah bersin, biasanya kita lebih merasa lega. Berbeda jika mau bersin tapi tidak jadi. Hal itu sangatlah menyebalkan. Namun, dalam Islam juga sudah dijelaskan mengenai aturan dari bersin. Setelah kita bersin, maka dianjurkan untuk kita mengucapkan hamdallah. Dan kemudian orang lain mengucapkan “Yarhamukallah”. Lalu orang yang bersin tadi menjawab “Yahdikumullah wa Yuslibaahakum”. Lalu mengapa harus mengucapkan Alhamdulillah ketika bersin?

Ucapan hamdallah yang kita keluarkan adalah ungkapan rasa syukur kita dapat melewati bersin dengan baik. Sedangkan untuk balasan atau jawabannya mendoakan orang lain agar diberi petunjuk dan diperbaiki kehidupannya. Semua ini terdapat dalam sebuah hasdist.

Seorang dokter dari pusat kesehatan mata dan telinga menjelaskan jika, saraf-saraf organ hidung dan mata saling terkait. Mata akan secara otomatis tertutup ketika kita bersin. Hal ini berfungsi untuk melindungi saluran air mata dan kapiler darah agar tidak terkena bakteri akibat bersin tadi. Itulah alasan mengucapkan Hamdallah saat bersin. Ketika kita berada dalam tempat yang mengandung banyak debu, bakteri atau benda asing lainnya. Maka kita akan secara spontan bersin dan mengeluarkan virus-virus di dalam hidung. Namun, ada beberapa orang yang akan bersin jika ia mencium rangsangan yang mengejutkan, yakni udara dingin, alergi dan bau menyengat.

Pada kondisi seperti ini, dalam hidung akan mengirim sinyal ke otak agar membersihkan saluran udara. Maka muncullah sebuah hentakan dari hidung dan mulut. Setelah bersin itu selesai, maka mata akan ikut membuka secara otomatis. Selain mata yang terpejam, jantung pun akan berhenti nol koma sekian detik dan wajah ikut menegang. Oleh karenanya, ketika kita bisa bersin maka bersyukurlah kita masih diberikan usia oleh Allah.

Seorang dokter sekaligus direktur di Bostom, Thomas Graboys menjelaskan bahwa bersin menyebabkan perubahan tekanan di dalam dada sehingga merangsang saraf vagus dan denyut jantung pun melambat. Keadaan inilah yang membuat jantung berhenti sejenak.

Berikut ini adalah beberapa alasan harus mengucapkan Hamdallah ketika bersin:
1. Kecepatan bersin mencapai 250 km/ jam

2. Bersin membuat jantung berhenti berdenyut dan bekerja sebentar

3. Ketika kita bersin secara tiba-tiba maka akan terjadi ketegangan di kepala dan leher bahkan dapat berakibat fatal untuk keselamatan kita

4. Ketika kita membuka mata saat bersin, maka bola mata dapat keluar dari tempatnya

5. Dengan bersin, maka kotoran atau bakteri dalam hidung dan mulut akan keluar

6. Ketika kita bersin dengan sangat keras, maka dapat merusak tulang rusuk kita

7. Ketika kita bersin, maka seluruh organ dalam tubuh akan berhenti sejenak untuk bekerja. Oleh karenanya banyak yang menganggap bahwa bersin merupakan maut sesaat. Dan setelah bersin, organ-organ kita akan kembali berfungsi seperti biasa bahkan terkesan tidak terjadi apa-apa.
Baca Juga : Inilah Delapan Tanda Anda Memiliki Suami Terbaik

Demikianlah sebabnya mengapa harus berucap hamdallah ketika bersin agar kita terhindar dari banyak madharat. Bahkan bersin dapat membersihkan mulut dan hidung dari bakteri berbahaya lainnya. Selain itu, mengucap hamdallah juga dapat mendekatkan kita dengan Allah.

Sumber : kumpulanmisteri.com