Informasi Dunia Islam

Tuesday, 29 March 2016

6 Sebab Malaikat Memintakan Ampunan Untuk Kita

Seperti yang kita tahu bahwa malaikat adalah ciptaan Allah yang paling
taat sehingga ia juga mencintai orang-orang yang taat pada Allah. Penyebab malaikat meminta ampunan untuk kita karena rasa cintanya pada manusia yang beriman kepada Allah. Karena keimanan dan ketaqwaan tersebut membuat malaikat akan berdoa untuknya.

6 Sebab Malaikat Memintakan Ampunan Untuk Kita


Beberapa dalil menjelaskan bahwa para malaikat akan mendoakan dan beristighfar untuk orang-orang tertentu, yakni:

1. Orang yang shalat ‘Ashar dan Subuh
Sebuah dalil dijelaskan bahwa para malaikat di siang dan malam hari akan bergantian mengawasi kita dan mereka akan berkumpul ketika shalat ‘Ashar dan Subuh. Kemudian, para malaikat akan mengawasi kita semalaman hingga naik ke langit. Allah lalu bertanya pada para malaikat meskipun Dia mengetahui semuanya. Dia bertanya, dalam keadaan apakah malaikat itu meninggalkan hamba-hamba-Nya. Malaikat itu pun menjawab jika mereka meninggalkan hamba-Nya dalam keadaan mengerjakan shalat. Oleh karena itu, malaikat akan mendoakan mereka yang sedang shalat ‘Ashar dan Subuh.

2. Orang yang bertaubat dan istiqomah
Sebuah dalil menjelaskan jika para malaikat akan mendoakan orang yang dijauhkan dari api neraka dan dimasukkan ke surga bersama orang sholeh dari anak turunan, istri dan orang tua mereka. Orang-orang ini memiliki keimanan yang kuat dan selalu istiqomah. Oleh karena itu, malaikat akan memintakan ampunan orang-orang ini pada Allah SWT. Inilah doa malaikat memintakan ampunan untuk kita.

3. Orang yang menjenguk saudara sedang sakit
Seorang muslim yang menjenguk saudaranya yang sedang sakit di pagi hari, maka 70 ribu malaikat akan mendoakannya sampai sore hari. Jika ia menjenguk di sore hari maka 70 ribu malaikat akan mendoakannya sampai pagi. Ia juga akan mendapatkan kebun di surga. Meskipun amalan ini terasa cukup ringan, tapi keutamaan yang dimilikinya sangat besar. Apabila seorang hamba menyayangi saudara muslim lainnya maka Allah juga akan melimpahkan rahmat-Nya pada hamba-Nya.

4. Orang yang di masjid
Hadits meriwayatkan jika ada seseorang yang duduk menunggu shalat maka dia akan mendapatkan pahala shalat selama tidak batal. Selain itu, para malaikat akan mendoakan mereka agar mengampuni dosa-dosanya. Dari riwayat ini diketahui bahwa alasan kenapa malaikat berdoa memohon ampun untuk kita yang berada di dalam masjid atau di dalam tempat shalatnya, tidak batal dan tidak mengganggu lainnya.

5. Orang yang tidur
Sebuah hadits berbisik jika seseorang tidur dalam keadaan suci, maka para malaikat akan bersamanya dalam pikiran. Tidak ada di antara mereka yang terbangun tanpa doa dari malaikat agar mengampuni dosa-dosa orang tersebut.

6. Orang yang mendoakan saudaranya
Seorang muslim yang mendoakan saudaranya yang jauh atau tidak ada di hadapannya, maka Allah akan mengabulkan doa itu. Para malaikat berada di atas kepala orang yang sedang berdoa untuk menjaganya. Tiap kali orang tersebut berdoa untuk kebaikan saudaranya, maka malaikat akan menjaganya sembari berkata bahwa semoga Allah mengabulkan doanya, dan juga kebaikan untuk orang tersebut. Para malaikat akan mendoakan orang yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan yang didoakannya.

Alasan malaikat mendoakan ampunan untuk kita adalah karena kita memiliki iman yang kuat kepada Allah. Mereka adalah makhluk Allah yang paling taat sehingga mereka juga mencintai orang yang taat pada Allah. Oleh karena itu, dekatkan diri pada Allah di setiap keadaan.

Sumber : kumpulanmisteri.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 Sebab Malaikat Memintakan Ampunan Untuk Kita

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Mohon Komentatnya Tidak Melanggar TOS
1.Tidak saling menghina
2.menghargai postingan ini
3.Berkomentarlah sesuai dengan postingan atau relevan
4.Berkomentarlah dengan bahasa indonesia yang abik
5.Hargai pendapat orang lain
6.Harap tidak memasang link aktif