Informasi Dunia Islam

Monday, 7 March 2016

Inilah Amalan-Amalan Ahli Surga Semasa di Dunia

Setiap manusia di dunia ini memiliki tujuan untuk hidup kekal
di surga kelak sehingga mereka berlomba-lomba untuk menumpuk amalan baik. Amalan-amalan ahli surga semasa di dunia ternyata telah banyak digambarkan dalam Al-Qur'an dan Hadits. Sungguh beruntung bagi manusia yang menjadi ahli surga karena keindahan dan kenikmatan surga tidak dapat dijumpai di dunia dan bersifat kekal. Apa saja amalan para ahli surga?
Baca Juga : LAMARAN DUA LAKI-LAKI INI BOLEH DITOLAK
Inilah Amalan-Amalan Ahli Surga Semasa di Dunia



Setiap manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT sangatlah beruntung karena telah disiapkan baginya kenikmatan surga kelak diakhirat nanti. Ada beberapa amalan yang dapat mengantarkan manusia menuju jalan surga jika mereka mengamalkannya dengan ikhlas dan istiqomah. Apa sajakah amalan-amalan itu?

Berikut adalah amalan-amalan ahli surga dalam islam semasa mereka hidup di dunia:

1. Bertaqwa kepada Allah SWT
Setiap manusia yang menjauhi larangan dan melaksanakan perintah Allah SWT dengan ikhlas maka telah disediakan baginya surga yang penuh dengan kenikmatan. Hal ini telah tercantum dengan jelas dalam Al-Qur’an.

2. Beriman dan beramal
Bagi manusia yang beriman kepada Allah SWT yaitu meyakini bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang menciptakan dunia beserta isinya, serta bagi manusia yang selalu beramal dengan ikhlas baik itu dengan materi maupun kekuatan maka Allah SWT telah menyiapkan baginya surga. Hal ini telah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits yang telah diriwayatkan oleh Bukhari.

3. Bertaubat
Setiap manusia dianjurkan untuk selalu bertaubat dari semua dosa-dosa yang dilakukannya baik itu dosa kecil maupun dosa besar. Bertaubat dengan sungguh-sungguh yaitu tidak mengulangi perbuatan dosa kembali dan menjauhi hal-hal yang dapat menjerumuskannya kedalam dosa. Allah SWT telah menyediakan baginya surga beserta kenikmatannya, hal ini tercantum dalam Al-Qur’an. Selain itu, Allah juga telah menyediakan surga bagi hamba-Nya yang senang bersedekah dan mampu menahan amarahnya serta memiliki sifat pemaaf.

4. Berhijrah
Salah satu amalan ahli surga dan neraka yaitu berhijrah. Maksud berhijrah disini yaitu berhijrah dari keburukan menuju kebaikan, selain itu juga berjihad dijalan Allah SWT dengan harta maupun kekuatannya. Dalam Al-Quran telah dijelaskan bahwa golongan orang yang demikian ini akan mendapat surga kelak diakhirat nanti.

5. Istiqomah
Setiap manusia yang mampu istiqomah dalam kebaikan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan sungguh-sungguh maka Allah telah menyediakan surga untuknya.

6. Khusyu’
Setiap muslim yang khusyu’ dalam sholat, mampu membayar zakat, mampu menjaga kemaluannya yaitu menjauhi hal-hal yang dapat menjerumuskannya ke dalam dosa zina, meninggalkan perbuatan yang sia-sia, dan mampu amanah dalam tugas yang diterima, maka Allah akan memberikan surga untuknya kelak di akhirat.

7. Menuntut ilmu
Islam menganjurkan kepada umatnya untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya yaitu ilmu syar’i yang dapat menjadi pedoman hidup bagi mereka.

8. Berwudhu dengan sempurna
Wudhu merupakan alat untuk menyucikan diri dari hadats kecil sebelum menjalankan ibadah sholat. Allah telah menjanjikan surga bagi setiap manusia yang mampu menjaga dan menyempurnakan wudhu dengan baik. Inilah amalan sederhana calon penghuni surga yang dapat dijalankan.

9. Menjalankan sholat sunnah
Rasulullah menganjurkan kepada setiap umatnya untuk selalu menjalankan sholat sunnah sebelum dan sesudah sholat fardhu. Hal ini telah tercantum dalam hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Muslim.

10. Membangun masjid
Bagi seseorang yang mampu membangun masjid hanya semata-mata karena Allah SWT bukan karena ingin mendapat pujian dari orang lain maka Allah telah mempersiapkan baginya surga beserta kenikmatannya.

11. Menyantuni anak yatim
Islam telah mengajarkan kepada setiap umatnya untuk selalu menyayangi dan menyantuni anak yatim dengan memenuhi semua kebutuhan hidup mereka. Allah SWT telah menjanjikan surga bagi setiap hamba-Nya yang mampu menjalankannya.
Baca Juga : Ketahui Empat Sunnah Jelang Magrib

Demikian informasi seputar amalan-amalan ahli surga semasa di dunia yang dapat menjadi pelajaran bagi kita semua agar menjalankan amalan itu dengan ikhlas semata-mata hanya karena Allah SWT.



Sumber : kumpulanmisteri.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Amalan-Amalan Ahli Surga Semasa di Dunia

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Mohon Komentatnya Tidak Melanggar TOS
1.Tidak saling menghina
2.menghargai postingan ini
3.Berkomentarlah sesuai dengan postingan atau relevan
4.Berkomentarlah dengan bahasa indonesia yang abik
5.Hargai pendapat orang lain
6.Harap tidak memasang link aktif