Histats

Inilah Manusia Paling Lemah Menurut Rasulullah

Kita semua pasti sudah tahu bahwa manusia merupakan makhluk
paling sempurna yang diciptakan oleh Allah SWT. Yang membedakan kita dengan makhluk lainnya adalah akal budi dan ruh, karenanya kita harus senantiasa hidup sesuai dengan akal budi, lakukan yang baik serta jauhkan diri dari perbuatan salah.

Inilah Manusia Paling Lemah Menurut Rasulullah


Tentu nikmat Allah Yang Maha Pengasih tak pernah berhenti mengucuri hidup manusia, karenanya kita tak boleh lupa bersyukur dengan manfaat doa dalam Islam yang luar biasa. Sungguh hal yang sangat buruk jika manusia menerima nikmat saja lalu bersikap sombong serta tidak mau mengucap syukur sama sekali. Padahal, tanpa kita semua ketahui, manusia merupakan makhluk paling lemah dan paling pelupa dari segala kesempurnaannya.

Siapa sih yang mau menjadi manusia lemah atau disebut manusia lemah? Apalagi menjadi manusia paling lemah menurut Rasulullah SAW, tentu lebih baik jasmani kita yang dibilang lemah dibanding kondisi rohani kita. Seperti inilah rupanya manusia yang dianggap lemah tersebut, semoga kita tak menjadi salah satunya seperti itu.

Di antara manusia yang lemah ini, terdapat orang paling lemah menurut Nabi Muhammad SAW. Beginilah penjelasan orang paling lemah tersebut. Allah Yang Maha Esa menciptakan bayi dari indung telur serta sperma yang bersatu. Bayi ini kemudian dirawat hingga berkembang dan melewati fase anak-anak, remaja, dewasa, sampai lansia. Bisa berkembang saja sudah merupakan nikmat Allah yang patutnya disyukuri, bukan? Sayangnya ada beberapa orang yang mengucapkan syukur Alhamdulillah saja enggan. Sekali lagi, orang seperti ini sangatlah lemah. Pernyataan ini diperkuat dalam Abu Ya’la, tertulis bahwa manusia paling lemah merupakan manusia yang sangat malas berdoa pada Allah Sang Pencipta. Orang terbakhil adalah orang yang bakhil dalam hal memberi salam. Padahal, keutamaan doa dalam Islam sangat besar dan doa dapat membuat seseorang tenang dalam sekejap saja.

Sebagian besar dari kita pasti sudah tahu bahwa Allah selalu mewanti-wanti umat-Nya untuk memanjatkan doa. Tentu saja hal ini bukan karena Allah ingin dipuji, melainkan untuk kebaikan manusia sendiri di dunia sekaligus akhirat kelak. Terdapat firman Allah SWT yang berisi imbauan ke manusia untuk senantiasa berdoa. Manusia yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Nya akan masuk neraka, mereka akan masuk neraka dalam keaadaan hina dina. Sungguh mengerikan, bukan? Padahal berdoa bukan hal sulit untuk dilakukan dan pentingnya doa dalam Islam ini sudah dibuktikan oleh banyak orang. Banyak jenis doa yang bisa kita lakukan sebagai manusia, sebagai contoh doa ibadah, doa permintaan, dan doa-doa yang lainnya. Tentu saja Allah memiliki cara menanggapi setiap doa tersebut, tetapi ketahuilah, apa yang diberikan Allah Yang Maha Esa kepada kita merupakan hal terbaik bagi kita.

Selain hukuman di neraka kelak, tersedia beberapa hal buruk di dunia untuk orang-orang yang malas berdoa atau sekadar mengucap syukur. Ketahuilah bahwa Allah merupakan Maha pengatur seluruh dunia dan isinya, jangan sampai kita melewatkan waktu shalat setiap saat. Memang di masa modern ini, kesibukan bukanlah hal yang bisa dihindari. Akan tetapi, masak berdoa yang hanya menghabiskan waktu 5 sampai 10 menit saja tak bisa kita lakukan, tetapi nonton bioskop 2 jam saja bisa kita lakukan? Mulailah kebiasaan baik dari sekarang, sekian artikel mengenai manusia paling lemah menurut Rasulullah SAW ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.


Sumber : kumpulanmisteri.com