Histats

Tiga Perkara yang Diridhai dan Tiga Keadaan yang Dibenci Allah

Kunci kemenangan perjuangan umat muslim adalah persatuan kaum
muslimin itu sendiri. Meskipun kemenangan Islam ialah keniscayaan, maka harus ada upaya-upaya yang dilakukan untuk menjunjung kejayaan yang telah dijanjikan.

Tiga Perkara yang Diridhai dan Tiga Keadaan yang Dibenci Allah


Tiga perkara yang diridhai dan tiga keadaan yang dibenci Allah harus kita pelajari agar tidak terjerumus dalam perkara yang dibenci Allah. Dari ketiga hal yang diridhai kita dapat belajar untuk mengamalkannya agar semakin dekat dengan Allah. Oleh karena itu, pelajarilah mana hal yang baik dan mana yang buruk sebagai tanda orang yang bijak.

Terdapat cara-cara yang bisa kita lakukan untuk menjadi bagian dari perjuangan di jalan Allah. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui 3 hal yang disukai dan dibenci Allah.

Tiga Perkara Diridhai Allah
Allah SWT akan selalu meridhai setiap hamba-Nya yang mau berjuang di jalan-Nya dengan niat yang sungguh-sunggu untuk memenangkan Islam. Allah SWT akan membantu siapa saja yang membantu agama-Nya. Berdasarkan shahih Muslim, dijelaskan secara khusus tentang 3 sifat yang diridhai dan dibenci Allah dan ini adalah tiga hal yang dapat mengundang ridha Allah, yakni:

1. Berpegang teguh kepada agama Allah
Bersatu akan mendatangkan ridho Allah. Berjamaah akan mendatangkan kemenangan dari Allah. Berpegang teguh kepada agama dan kitab-kitab-Nya akan menyelamatkan kita. Dalam perjuangan membela Islam, maka bersiaplah selalu dan surga akan disediakan pada kita. Sedangkan, perpecahan menyebabkan kebinasaan. Cerai-berai tidak memiliki manfaat sedikit pun. Banyak kerugian yang menjadi buah nyata dari perpecahan.

2. Tidak menyekutukan Allah
Kemurnian ibadah adalah ketauhidan pada Allah dengan penuh ketulusan hati. Tak ada Tuhan selain Allah sehingga hanya kepada-Nya lah kita harus menyembah. Apabila seseorang menyembah dengan sesembahan selain Allah maka ia telah melakukan dosa yang besar.

3. Setia pada pemimpin
Maksud dari pemimpin ini adalah ia yang dengan adil memperjuangkan Islam dan kaum-Nya. Ia akan bersedia mendoakan dan akan didoakan oleh kaum muslimin. Kalimat Allah akan ditegakkan tinggi di atas bumi pertiwi ini.

Tiga Perkara Dibenci Allah
Abu Hurairah meriwayatkan tentang 3 hal yang diridhai dan dibenci Allah dan ini adalah tiga hal yang dibenci oleh Allah, yaitu:

1. Banyak bicara
Kita sering mendengar istilah diam adalah emas. Diam menjadi lebih baik jika berbicara hanya akan menjerumuskan kita pada perbuatan dosa. Semakin banyak bicara hal-hal yang tidak bermanfaat atau bahkan menyaakiti orang lain, maka semakin melimpah dosa kita.

2. Hamburkan harta
Harta yang paling baik adalah harta yang dimiliki oleh orang shaleh. Ia akan menggunakan harta tersebut untuk berjihad dan meninggikan kalimat Allah di dunia ini. Sedangkan, harta yang dimiliki orang kafir akan digunakan secara berlebih-lebihan sehingga dapat menjerumuskannya pada siksa api neraka.

3. Banyak bertanya
Apabila bertanya karena kita tidak mengerti akan suatu hal, maka ini adalah perbuatan baik. Namun, bertanya karena keras kepala hanya untuk meremehkan orang lain atau mempersulit diri sendiri maka inilah yang menjadikan kita dapat tergelincir seperti kaum terdahulu, yakni Bani Israil.

Sebagai seorang muslim, kita harus dapat membedakan antara tiga perkara yang disukai dan dibenci Allah. Segala hal yang menjerumuskan kita pada kemaksiatan maka akan mendatangkan adzab dari-Nya.



Sumber : kumpulanmisteri.com