Histats

9 Fakta Tentang Air Mata Berikut Ini Mungkin Belum Anda Ketahui

Air mata merupakan cairan mata yang keluar saat manusia mengalami
emosi yang kuat. Cairan ini dihasilkan dari proses lakramasi yang merujuk pada kata menangis. Sebenarnya mamalia darat memiliki sistem lakramasi, namun hanya manusia yang menjadi satu-satunya mamalia yang memiliki emosi air mata, misalnya saat dalam kondisi marah, menderita, berduka dan mengalami kesakitan.

9 Fakta Tentang Air Mata Berikut Ini Mungkin Belum Anda Ketahui


Sebenarnya air mata berfungsi untuk melumasi mata agar tetap lembab dan tidak kering.  Namun susunan kimia air mata untuk melumasi, berbeda dengan air mata yang keluar karena emosi. Terdapat beberapa jenis air mata, yang mana setiap jenisnya memiliki perbedaan fungsi. Alasan menangis pun belum diketahui secara pasti hingga saat ini.

Masih banyak fakta lain tentang air mata yang mungkin belum anda ketahui. Termasuk  9 fakta tentang air mata berikut ini mungkin belum Anda ketahui yang akan admin paparkan berikut ini.

1. Manusia Memiliki 3 Jenis Air Mata
Manusia memiliki 3 jenis air mata yakni air mata basal, air mata refleks, Air mata emosi tangisan. Air mata basal fungsinya membasahi dan menjaga kelembapan serta kesehatan mata. Air mata refleks terjadi ketika ada benda asing atau zat-zat yang membuat iritasi seperti uap bawang, gas air mata. Air mata refleks ini berusaha membilas zat pengiritasi yang berkontak dengan mata.

Sementara itu Air mata emosi tangisan terjadi karena terjadi peningkatan lakrimasi karena tekanan emosi. Saat kita dalam kondisi normal, otak memerintahkan agar sistem syarat simpatetik menghalangi proses lakrimasi sehingga tidak  memproduksi  air mata.

2. Penyebab keluarnya air mata tidak diketahui secara pasti
Para ilmuan kebingungan tentang peyebab pasti kenapa manusia menangis dan mengeluarkan air mata. Awalnya peneliti menemukan bahwa manusia menangis karena terjadi tekanan dalam diri mereka. Seiring waktu peneliti juga menemukan bahwa manusia menangis untuk menujukan adanya masalah.  Akan tetapi ada juga bayi yang menangis untuk menarik perhatian orang tua. Untuk mengungkapkan rasa bersalah atau merupakan alat yang digunakan untuk menyelamatkan sebuah hubungan.

3. Ternyata air mata memiliki kandungan yang sama dengan air liur
Mungkin jika kita bayangkan antara air mata dan air liur sangat berbeda. Namun ternyata, dua cairan berbeda ini memiliki komposisi yang sama dengan air liur yakni mengandung protein, garam, dan hormon. Namun uniknya, air mata memiliki rasa dan bau yang berbeda dengan air liur.

4. Wanita lebih sering menangis dari pada pria
Ya wanita memang lebih lembut hatinya ketimbang pria. Wanita menangis rata-rata empat sampai lima kali dalam satu bulan. Mereka menangis lima kali lebih banyak dibandingkan pria. Sebuah hasil penelitian di Telegraph mengungkap bahwa rata-rata wanita menangis selama enam menit. Tidak demikian dengan pria yang rata-rata menangis hanya dua hingga empat menit.

Ternyata kelenjar air mata yang dimiliki wanita memang lebih besar di banding pria, sehingga ketika menangis akan lebih sering mengeluarkan air mata. Namun bagian untuk menampung air mata pria lebih besar di banding wanita, makanya ketika menangis air mata wanita akan cepat mengalir ke pipi.

5. Saat menangis, biasanya akan keluar cairan dari hidung
Saat menangis, kita kerap kali mengeluarkan ingus dari hidung. Hal ini terjadi karena kelenjar air mata mengeluarkan air mata yang berlebihan, beberapa mengalir ke lubang hidung dan keluar lewat hidung. Jadi sebenarnya ingus tersebut bukanlah karena cairan berlendir dari hidung, namun cairan air mata yang keluar lewat hidung.

6. Bawang dapat membuat menangis
Ketika memotong bawang kita kerap kali mengeluarkan air mata seperti sedang menangis. Hal ini disebabkan karena bawang mengandung yang dapat merangsang kerja kelenjar acrimal  tempat diproduksinya air mata.

7. Air mata berpengaruh pada orang lain
Mungkin hal ini yang membuat pria malas melihat wanita menangis, karena ternyata air mata dapat mempengaruhi orang lain. Penelitian menunjukan bahwa air mata mengandung chemosignal yang bisa mengurangi kadar testosteron.  Ini membuat pria tak tertarik pada wanita.

8. Air mata buaya itu nyata
Ternyata air mata buaya tidak hanya sekedar kiasan. Buaya benar-benar mengeluarkan air mata, dan air mata yang dikeluarkan ini tidak mengandung emosi  apapun. Hal ini tentu tepat jika dikaitkan dengan orang yang menangis untuk membohongi sesuatu.

9. Sebenarnya air mata juga bisa bermanfaat
Meski terkadang menyakitkan ketika mengeluarkan air mata kesedihan, namun ternyata air mata bisa bermanfaat. Penelitian menunjukan bahwa air mata yang dikeluarkan saat sedih mengandung hormon stres. Jika air mata ini dikeluarkan maka akan menimbulkan perasaan lega selesai menangis. Menangis saat sedih atau bahagia memiliki mekanisme yang sama Pembedanya hanya emosi dirasakan oleh orang tersebut.

Nah sekarang sudah menjadi banyak tahu kan tentang fakta-fakta menarik tentang air mata.

Sumber : infoyunik.com