Histats

Inilah Pahala Yang Di Dapat Jika Anda Mendoakan Orang Lain

Islam mengajarkan kepada seluruh umatnya untuk selalu memelihara
persudaraan sesama muslim dan mendoakan mereka, inilah pahala yang di dapat jika Anda mendoakan orang lain dengan ikhlas tanpa pamrih. Do’a merupakan senjata bagi setiap muslim dan ternyata mendoakan orang lain juga dapat mendatangkan kebaikan bagi kita sendiri. Benarkah demikian?

Inilah Pahala Yang Di Dapat Jika Anda Mendoakan Orang Lain


Inilah Pahala Yang Di Dapat Jika Anda Mendoakan Orang Lain dengan Ikhlas
Setiap orang muslim dianjurkan untuk selalu berdo’a kepada Allah untuk kebaikannya serta untuk kebaikan saudaranya yaitu sesama orang muslim. Dalam Islam telah diajarkan untuk hidup saling berdampingan dengan orang lain serta harus memelihara persaudaraan dan perdamaian dengan orang lain sehingga dapat menjadikan hidup penuh ibadah dan pahala. Salah satu cara untuk menjaga persaudaraan dan perdamaian dengan orang lain adalah dengan mendoakan mereka.

Do’a merupakan senjata paling ampuh yang dimiliki oleh seorang muslim karena dengan do’a ini seseorang bisa mendapatkan semua yang diinginkannya serta dapat menjaga ketentraman hati. Mendoakan orang lain sangat dianjurkan dalam Islam karena sesungguhnya orang yang telah mendoakan kebaikan atas orang lain akan mendapat kebaikan yang sama dengan orang yang telah dia doakan. Hal ini telah dijelaskan dalam hadist Nabi yang telah diriwayatkan oleh Muslim. Dalam hadist itu dijelaskan bahwa seorang muslim yang telah mendoakan orang lain tanpa sepengetahuan mereka maka malaikat akan akan menyaksikan bahwa dirinya akan mendapatkan kebaikan yang sama dengan kebaikan orang yang telah didoakannya itu. Jadi tidaklah sia-sia jika kita mendoakan kebaikan atas orang lain karena sejatinya do’a itu adalah doa untuk diri kita sendiri.

Apa keutamaan mendoakan kebaikan untuk sesama muslim? Mendoakan orang lain dengan ikhlas dan tanpa pamrih merupakan salah satu sunnah Nabi yang dapat kita amalkan dan siapa saja yang mengamalkan sunnah Nabi ini akan mendapat pahala bahkan mendapatkan kebaikan yang sama dengan kebaikan orang yang telah kita doakan. Sunnah Nabi yang satu ini banyak dilupakan oleh sebagian besar umat muslim dan mereka akan memberikan doa kepada orang lain jika diminta seperti ketika diundang dalam pesta pernikahan, ulang tahun, dll. Dan jika tidak diundang maka mereka tidak akan mendoakan sahabat, saudara, atau temannya itu.

Sungguh ironis bukan? Sunnah Nabi yang dapat membawa kebaikan bagi kita dan orang lain ini justru malah banyak dilupakan oleh sebagian besar kaum muslim. Semasa hidupnya Nabi Muhammad SAW selalu mendoakan saudara, sahabat, dan temannya agar selalu mendapat kebaikan dalam hidupnya. Amalan ini telah diamalkan secara turun temurun oleh Nabi dan keluarganya serta umat muslim yang patuh dengan sunnah Nabi. Tetapi ternyata saat ini amalan sunnah ini telah banyak dilupakan oleh umat muslim.

Sejatinya mengharapkan kebaikan dan kebahagiaan atas saudara, sahabat, dan teman adalah mengharap kabaikan dan juga kebahagiaan untuk diri kita sendiri karena setiap orang yang mendapat kebaikan niscaya mereka akan membalasnya dengan baik, bahkan terkadang malah lebih baik dari apa yang kita harapkan, inilah pahala yang didapat jika mendoakan orang lain. Untuk itu janganlah ragu untuk mendoakan atas kebaikan orang lain karena kita akan mendapatkan kebaikan yang sama yang akan diterima oleh orang lain itu. Selain itu mendoakan orang lain merupakan sunnah Nabi dan akan mendapat pahala jika kita mengamalkannya dengan ikhlas dan tanpa pamrih.

Itulah beberapa informasi seputar sunnah Nai dalam mendoakan kebaikan untuk orang lain dan inilah pahala yang di dapat jika Anda mendoakan orang lain dengan ikhlas dan tanpa pamrih.

Sumber: Kumpulanmisteri.com