Informasi Dunia Islam

Wednesday, 6 April 2016

Inilah Tanda-tanda Diterima atau Ditolaknya Amal

Setiap umat Islam selalu berlomba-lomba untuk melakukan amal
kebaikan dan berharap amalnya dapat diterima Allah SWT. Rosulullah selalu berdo’a disetiap sholat shubuhnya agar diberikan ilmu yang bermanfaat, rejeki baik, dan amalannya diterima di sisi Allah SWT.

Inilah Tanda-tanda Diterima atau Ditolaknya Amal


Masalah amal yang diterima merupakan hal yang penting, bahkan Rosul pun juga masih berdo’a kepada Allah agar amal perbuatannya diterima. Lalu apa saja tanda-tanda amal diterima atau ditolak?

Inilah Tanda-tanda Diterima atau Ditolaknya Amal di Sisi Allah SWT
Imam Syafi’i menjelaskan bahwa amal yang diterima merupakan suatu kebahagiaan dan juga kesuksesan manusia di dunia dan di akhirat. Setiap amal yang dilakukan manusia di dunia ini tidak selalu diterima di sisi Allah karena ada hal-hal yang menghalanginya. Apa saja syarat-syarat suatu amal dapat diterima? Berikut adalah syarat diterima amal ibadah di sisi Allah:

1. Islam
2. Ikhlas hanya semata-mata karena Allah SWT
3. Mengikuti sunnah Rosul
4. Betaqwa kepada Allah SWT
5. Berbakti kepada orang tua
6. Memperhatikan waktu beramal (dahulukan melakukan amal wajib sebelum sunnah)
7. Mengerjakan amal baik
8. Tidak sombong dengan amal baik yang dilakukan

Lalu apa pengertian amal ibadah dan tanda-tanda amal kita diterima Allah?

Berikut adalah tanda-tanda amal kita diterima Allah SWT:

1. Do’a terkabul
Setiap manusia yang selalu bertaqwa kepada Allah akan memiliki amal baik yang diterima. Orang-orang yang diterima amalannya maka setiap do’anya akan dikabulkan oleh Allah SWT. Hal ini telah tercermin melalui cerita 3 orang yang terjebak di dalam gua kemudian mereka berdo’a kepada Allah dengan wasilah amal perbuatan mereka terdahulu. Akhirnya Allah mengabulkan do’a mereka karena amal perbuatan yang telah mereka laukan terdahulu.

2. Dicintai orang banyak
Tanda amal kita diterima senlajutnya adalah selalu dihargai dan dicintai oleh banyak orang. Allah telah memerintahkan kepada malaikat Jibril untuk menyerukan kepada seluruh penduduk langit dan bumi untuk menerima dan mencintai orang yang memiliki amal baik, sehingga seseorang yang diterima amalnya akan selalu dicintai oleh orang lain.

3. Mendapat taufik Allah
Orang yang diterima amal baiknya akan mendapat taufik dan kemudahan dari Allah untuk melakukan amal baik selanjutnya, sehingga orang yang tidak mengalami hambatan bahkan mendapat kemudahan dalam melakukan perbuatan baik maka amalnya telah diterima oleh Allah SWT.

4. Terus menerus beramal
Tanda selanjutnya amalan diterima Allah adalah selalu terus-menerus melakukan amal baik tanpa ada hambatan. Allah SWT akan senantiasa memberikan kemudahan kepada setiap hambanya yang melakukan amal baik dengan ikhlas hanya semata-mata untuk Allah, hal ini telah tercantum dalam QS. Asy-Syura ayat 2.

5. Menerima hukum Allah
Dalam QS. Al-Bayinah ayat 8 telah dijelaskan bahwa seseorang yang amalnya telah diterima di sisi Allah akan selalu menerima dengan ikhlas semua hukum, qadha, dan takdir Allah yang diberikan kepadanya sehingga dia selalu pasrah kepada Allah atas semua yang diterima di dunia.

Apa saja tanda-tanda amalan yang tidak diterima Allah SWT? Ibnu Rojab telah menjelaskan bahwa tanda-tanda amal kita tidak diterima disisi Allah SWT adalah setalah melakukan amalan baik maka selanjutnya amal keburukanlah yang muncul. Hal ini merupakan tanda bahwa amal kebaikan yang sebelumnya telah dilakukan tidak diterima Allah SWT. Sebagai umat muslim kita harus lebih teliti dalam melakukan amal baik dan senantiasa hanya karena Allah SWT karena tidak semua amal baik dapat diterima Allah SWT.

Demikianlah tanda-tanda diterima atau ditolaknya amal perbuatan manusia, sehingga hal ini dapat menjadi peringatan kepada setiap muslim untuk senantiasa melakukan amal baik hanya semata-mata karena Allah SWT.

Sumber: kumpulanmisteri.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Tanda-tanda Diterima atau Ditolaknya Amal

Comments
1 Comments

1 komentar:

Post a Comment

Mohon Komentatnya Tidak Melanggar TOS
1.Tidak saling menghina
2.menghargai postingan ini
3.Berkomentarlah sesuai dengan postingan atau relevan
4.Berkomentarlah dengan bahasa indonesia yang abik
5.Hargai pendapat orang lain
6.Harap tidak memasang link aktif