Informasi Dunia Islam

Tuesday, 19 April 2016

Menyeramkan : Inilah yang Terjadi Saat Kita Melewati Jembatan Shiratal Mustaqim di Akhirat

 Dalam Al-Qur’an telah banyak digambarkan bagaimana jembatan
shirat yang akan dilewati oleh semua manusia kelak di akhirat. Semua manusia baik itu yang berdosa maupun yang beriman, seluruhnya akan melewati jembatan shirat tanpa terkecuali. Bagaimana gambaran jembatan shirat diakhirat kelak?

Menyeramkan : Inilah yang Terjadi Saat Kita Melewati Jembatan Shiratal Mustaqim di Akhirat


Dalam QS. Maryam ayat 71-72 telah dijelaskan bahwa setiap manusia kelak akan mendatangi neraka dan hanya golongan orang yang beriman dan bertaqwa saja yang akan diselamatkan Allah SWT. Maksud dari kata mendatangi neraka adalah semua manusia akan menyeberangi jembatan shiratal mustaqim. Apa pengertian jembatan shiratal mustaqim?

Jembatan shirat merupakan jembatan yang dibentangkan di atas neraka untuk dilewati seluruh manusia di akhirat kelak tanpa terkecuali. Berdasarkan hadits Nabi yang telah diriwayatkan oleh Imam muslim bahwa jembatan shirat merupakan jembatan yang memiliki ketajaman setajam pedang dan tipis melebihi tipisnya sehelai rambut. Jadi sungguh hal yang sangat sulit untuk selamat dari melintasi jembatan shirat ini, tetapi Allah SWT Maha Kuasa sehingga tidak ada hal yang mustahil bagi-Nya untuk menyelamatkan manusia yang beriman dan bertaqwa kepada-Nya.

Jembatan ini merupakan jembatan yang berbentuk seperti pedang yang sangat tajam, licin, dan dapat mematahkan siapa saja yang melewatinya. Di atas jembatan ini terdapat besi-besi yang berasal dari api neraka yang akan mencengkeram dan mencakar siapa saja yang dikehendakinya. Tidak semua orang yang melewati jembatan shirat akan tergelincir sehingga jatuh ke dalam neraka. Ada beberapa kondisi manusia saat menyeberangi jembatan shiratal mustaqim ini, yaitu:

1. Berlari secepat kilat
Ada beberapa golongan orang yang akan berlari secepat kilat saat menyeberangi jembatan shiratal mustaqim tanpa mengalami luka sama sekali, sehingga dia selamat dari ancaman siksa neraka. Golongan orang-orang ini merupakan golongan orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT sehingga Allah memberikan pertolongan kepada mereka.

2. Berlari seperti angin Ada golongan orang yang melewati jembatan shirat seperti angin dan
mereka selamat hingga ujung tanpa luka-luka sedikitpun. Golongan orang ini merupakan orang-orang yang selalu bertaqwa dan beriman kepada Allah sehingga mereka diberikan kemudahan untuk melewati jembatan shirat ini.

3. Berlari secepat kuda
Selanjutnya ada beberapa orang yang berlari secepat kuda saat melewati jembatan shiratal mustaqim sehingga mereka berhasil dan selamat melewati jembatan ini. Orang-orang ini merupakan golongan orang yang mendapat pertolongan dari Allah SWT karena keimanan dan ketaqwaan mereka kepada Allah SWT. Inilah salah satu fakta tentang Jembatan Shiratal Mustaqim.

4. Berlari biasa
Ada beberapa golongan lainnya yang berlari biasa saat melewati jembatan shiratal mustaqim, sehingga mereka berhasil melewatinya tetapi masih mendapat luka-luka sedikit akibat ketajaman jembatan ini.

5. Berjalan
Selanjutnya terdapat golongan orang-orang yang hanya berjalan melewati jembatan shiratal mustaqim sehingga mereka kesusahan dan bergerak lambat saat melewati jembatan ini.

6. Tergelincir
Golongan selanjutnya adalah orang-orang yang tergelincir saat melewati jembatan shiratal mustaqim sehingga mereka terjatuh ke dalam neraka. Golongan orang-orang ini merupakan orang-orang yang tidak beriman kepada Allah SWT dan telah banyak melakukan perbuatan dosa.

Golongan orang pertama yang akan melewati jembatan shiratal mustaqim adalah para Rosul dan mereka akan berdoa kepada Allah SWT untuk keselamatan umatnya yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT sehingga Allah akan memberikan pertolongan kepada mereka.

Demikian informasi seputar gambaran kejadian saat melintasi jembatan shirat dan ini yang terjadi saat kita melewati jembatan shiratal mustaqim, semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang mendapat pertolongan Allah SWT saat melintasi jembatan shirat ini.


Sumber kumpulanmisteri.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menyeramkan : Inilah yang Terjadi Saat Kita Melewati Jembatan Shiratal Mustaqim di Akhirat

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Mohon Komentatnya Tidak Melanggar TOS
1.Tidak saling menghina
2.menghargai postingan ini
3.Berkomentarlah sesuai dengan postingan atau relevan
4.Berkomentarlah dengan bahasa indonesia yang abik
5.Hargai pendapat orang lain
6.Harap tidak memasang link aktif