Informasi Dunia Islam

Thursday, 21 April 2016

Subhanallah Inilah Amalan yang Pahalanya Memilih Bidadari Surga

Ada berbagai macam kebaikan dan amalan yang bisa dilakukan oleh manusia
untuk mengharapkan ridha dan pahala dari Allah SWT. Seperti halnya dengan amalan yang satu ini, dimana apabila dilakukan maka pahalanya sungguh sangat besar yaitu memilih bidadari surga di akhirat nanti.

Subhanallah Inilah Amalan yang Pahalanya Memilih Bidadari Surga


Seperti kita ketahui bahwa para bidadari surga memiliki kecantikan wajah yang sangat mempesona, tubuh yang putih, bersih dan harum. Sehingga bagi mereka yang mampu melakukan amalan ini, maka mereka bisa memilih siapa saja diantara para bidadari jelita tersebut sesuai keinginannya.

Akan tetapi, untuk mendapatkan keistimewaan ini bukanlah perkara yang mudah. Sebab telah banyak orang yang tidak berhasil untuk melakukannya. Karena memang amalan yang satu ini membutuhkan tingkat pengontrolan diri yang cukup besar.Oleh sebab itulah. orang yang berhasil melakukan ini disebut sebagai orang yang spesial. Penasaran ? Berikut penjelasannya.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Rasulullah SAW berpesan untuk "Jangan marah". Bahkan beliau mengulang-ngulang nasehatnya tersebut saat sahabatnya berkata, "Ya Rasulullah, berilah aku nasehat."

Marah merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap manusia. Namun, hal yang perlu kita ketahui adalah sesungguhnya marah itu berasal dari setan. Dimana sikap ini menunjukkan lemahnya iman seseorang, sehingga ia mudah melampiaskan amarahnya. Baik kepada hal-hal kecil maupun sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan dirinya.

Namun, menahan marah bukanlah perkara mudah. Sebab dibutuhkan kesungguhan dalam mengupayakannya. Terlebih lagi karena amalan ini memiliki keutamaan yang agung di sisi Allah SWT sesuai dengan apa yang disabdakan oleh Rasulullah SAW.

Sebagaimana dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Umar bin Khattab bertanya kepada Rasulullah SAW, "Apa yang dapat menjauhkanku dari kemurkaan Allah Ta'ala ?" Maka Rasulullah SAW menjawab, "Jangan marah." (HR. Ahmad)

dimana hal ini adalah sebuah nasehat yang singkat dan jelas, namun mengandung kebaikan yang tidak terhitung. Selain itu, Hasan al-Bashri mengatakan bahwa ada empat perkara yang jika ada di dalam diri seorang manusia, maka Allah SWT akan menyelamatkan dan mengharamkannya dari neraka. Dan keempat perkara yang dimaksud adalah mampu menguasai dirinya saat memiliki keinginan (1), rasa takutnya (2), syahwat (3) dan marah (4).

Disamping itu, dalam hadits lainnya menahan marah merupakan salah satu indikator kuat atau tidaknya seseorang. Dalam Islam, kuat bukan berarti hanya sekedar berotot atau mampu memenangkan pertandingan fisik namun kemampuan untuk menahan amarah.

Sebab disaat marah, seseorang memiliki kekuasaan untuk melampiaskan amarahnya. Namun jika ia mau berupaya dan benar-benar mampu untuk menahan dirinya, maka Allah SWT berjanji memberikan pahala yang agung baginya.

"Barangsiapa yang sanggup menahan amarahnya, padahal sebenarnya ia mampu untuk melampiaskannya, maka Allah akan menyerunya dihadapan pemimpin para makhluk pada hari kiamat kelak." (HR. Ahmad)

Bukan hanya itu saja, sebagaimana dalam riwayat Imam Tirmidzi dan Ibnu Majahm disebutkan bahwa Rasulullah SAW menegaskan bahwa, "Hingga dia memilih bidadari sesuai keinginannya."

Selain itu, seseorang yang mampu menahan amarahnya juga memiliki keutamaan lain dimata Allah SWT yaitu,

1. Dipuji oleh Allah SWT
2. Dicintai oleh Allah SWT
3. Dijauhkan dari murka Allah SWT
4. Menjadi penghuni surga.

Demikianlah ulasan mengenai amalan yang pahalanya memilih bidadari surga. Meskipun bukanlah sebuah perkara yang mudah, namun kita harus berusaha untuk melakukan amalan ini. Sebab bukan hanya mendapatkan pahala yang agung di sisi Allah SWT, namun menahan amarah juga sangat bagus bagi kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat.

Sumber: palingyunik.blogspot.co.id

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Subhanallah Inilah Amalan yang Pahalanya Memilih Bidadari Surga

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Mohon Komentatnya Tidak Melanggar TOS
1.Tidak saling menghina
2.menghargai postingan ini
3.Berkomentarlah sesuai dengan postingan atau relevan
4.Berkomentarlah dengan bahasa indonesia yang abik
5.Hargai pendapat orang lain
6.Harap tidak memasang link aktif