Informasi Dunia Islam

Thursday, 7 April 2016

Tiga Periode Siksa Bagi Pecinta Dunia

Tausiah Islam - Kehidupan di dunia sejatinya adalah sementara
dan penuh dengan ujian. Tujuan akhir dari hidup ini adalah akhirat. Semua perbuatan yang dilakukan manusia di dunia kelak akan dituntut pertanggung jawabannya di akhirat. Allah SWT telah menyiapkan tempat terakhir bagi manusia sesudah habis masa hidupnya di dunia. Ia menyiapkan surga bagi mereka yang taat dan berbuat baik, dan neraka bagi yang tidak taat.

Tiga Periode Siksa Bagi Pecinta Dunia


Ada banyak kesenangan dunia yang membuat manusia lupa pada tanggung jawab hidup beragamanya. Inilah tiga periode siksa bagi pecinta dunia yang tidak taat pada Allah.

Allah Menyiapkan Tiga Periode Siksa Bagi Pecinta Dunia
Tanpa manusia sadari, bahwa telah disiapkan bagi mereka-mereka yang lalai akan imannya, sebuah kepedihan yang teramat sangat menyakitkan. Mereka yang memanfaatkan hal duniawi dengan tidak baik dan tidak beriman teguh pada hukum Allah akan mendapatkan hukumannya di akhirat. Kesengsaraan yang tiada henti akan akan diturunkan melalui tiga periode siksa bagi pecinta dunia. Berikut ini adalah siksa Allah di dunia bagi mereka yang tidak taat.

1. Siksa kala berupaya mendapatkannya
Bagi kaum muslim yang terlalu mengejar kemewahan dunia, padanya akan diberikan siksaan periode pertama. Yang ada dalam pikiran orang-orang seperti hanyalah harta dan uang yang berlimpah setiap harinya. Tentang Tuhan tidak akan pernah mereka ingat lebih-lebih mereka pikirkan. Waktu mereka hanya habis mencari-cari kekayaan duniawi saja. Keburukan-keburukan yang akan menghampiri mereka hanya tinggal masalah waktu saja.

2. Siksa ketika bersaing dengan pecinta dunia yang lainnya
Siksaan periode kedua adalah siksaan bagi mereka yang tengah berseteru atau bersaing dengan pecinta dunia yang lain. Dan demi mendapatkan apa yang ia inginkan, seseorang akan menghalalkan segala cara, bahkan cara yang tidak baik dan merugikan pihak lain. sebagai contoh, sekarang ini banyak sekali pembunuhan yang terjadi dilatarbelakangi oleh harta. Seorang pecinta dunia akan tega menghabisi mereka yang merebut “dunia”nya.

3. Siksa di alam kubur
Siksa di alam kubur adalah siksa periode terakhir bagi para pecinta dunia. siksa alam kubur adalah siksa segala siksa. Di dalamnya hanya akan didapati kedukaan, kesedihan, ratap tangis, kegelisahan, dan kesusahan yang mengelilingi jiwa mereka-mereka yang mencintai dunia secara berlebihan. Harta, tahta, dan wanita yang mereka puja-puja ketika di dunia justru akan menyebabkan derita di alam kuburnya. Seperti yang dijelaskan oleh Ibnu Qayyim, bahwa siksaan periode ketiga inilah siksaan yang paling berat dari siksaan yang lain.

Hidup di dunia itu penuh dengan kesukaran dan perjuangan. Kesukaran di dunia dapat kita temukan pada hal-hal duniawi yang mencobai iman kita. Dan perjuangan di dunia adalah cara kita menyikapi cobaan dan ujian tersebut.

Allah SWT mencobai manusia dengan kesukaran-kesukaran tersebut, karena Ia ingin mencari tahu seberapa besar perjuangan manusia dalam memerangi sukarnya dunia. Ia ingin melihat seberapa tangguh seseorang menjaga imannya kepada Tuhannya, seberapa taat umatNya pada hukum-hukumNya, dan seberapa pantas surga diberikan bagi mereka. Tiga periode siksa bagi pecinta dunia dimaksudkan supaya umat Islam mampu memahami dan menyadari siksaan yang akan mereka dapatkan jika mereka lalai dalam mempertahankan keimanannya pada Tuhan.

Betapa pentingnya selalu mengingat Allah dalam hidup kita. HukumNya berlaku pada setiap aspek kehidupan manusia, pada setiap hal kecil dan sederhana yang manusia perbuat. Hidup para pecinta dunia adalah hidup yang jauh dari Allah dan Al-Qur’an. Bagaimana hendak beribadah jika Yang Maha Memberi Hidup saja tidak pernah diingatnya? Semoga anda termasuk salah satu pelaku firman Allah yang taat sehingga kelak terhindar dari siksaan dunia akhirat.


Sumber: kumpulanmisteri.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tiga Periode Siksa Bagi Pecinta Dunia

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Mohon Komentatnya Tidak Melanggar TOS
1.Tidak saling menghina
2.menghargai postingan ini
3.Berkomentarlah sesuai dengan postingan atau relevan
4.Berkomentarlah dengan bahasa indonesia yang abik
5.Hargai pendapat orang lain
6.Harap tidak memasang link aktif