Histats

Inilah Empat Amalan Pengubah Takdir

Takdir merupakan suatu ketetapan dari Allah SWT untuk semesta
alam termasuk kepada umat manusia. Sehingga tidak akan terjadi sesuatu apapun kecuali atas kuasa dan kehendak Allah SWT. Sebab Dialah Rabb yang Maha Kuasa.

Inilah Empat Amalan Pengubah Takdir


Akan tetapi ternyata ada beberapa amalan yang bila dilakukan maka dapat merubah takdir seseorang, dari takdir yang buruk menjadi takdir yang baik. Salah satunya dengan berdoa. Sebagaimana yang disebutkan oleh Rasulullah SAW bahwa doa merupakan faktor yang dapat mengubah takdir seseorang.

Dan bukan hanya itu saja, sebab ada tiga faktor atau amalan lainnya yang juga bisa merubah takdir seseorang. Bahkan hal ini telah dijelaskan dalam Al-Qur'an dan hadits. Dan inilah amalan-amalan yang bisa merubah takdir. 

1. Berdoa
Sebagaimana yang telah disebutkan bahwa doa merupakan salah satu amalan yang bisa merubah takdir. Sehingga doa yang diucapkan dengan keyakinan sepenuh hati diharapkan dapat menembus 'Arsy hingga Allah Ta'ala berkenan menakdirkan keterkabulan atas apa yang diminta oleh hamba-Nya. 

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, 
“Tidak ada yang dapat menolak taqdir (ketentuan) Allah ta’aala selain do’a. Dan Tidak ada yang dapat menambah (memperpanjang) umur seseorang selain (perbuatan) baik.” (HR Tirmidzi 2065)

2. Amal Kebaikan
Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa melakukan amalan kebaikan seperti ibadah, berbuat baik dan sebagainya dapat mengubah sesuatu yang buruk yang telah ditentukan oleh Allah SWT. 

Rasulullah SAW bersabda bahwa,
"Beramallah kamu sekalian, karena beramal (berbuat kebaikan/ibadah) akan mengubah sesuatu yang buruk yang telah ditentukan-Nya padamu” (HR. Bukhori dan Muslim).

“Tiada yang dapat menambah umur seseorang, selain (amal) kebaikan.” (HR. Ahmad dan Thabrani)

3. Bersedekah
Amalan selanjutnya yang juga bisa merubah takdir adalah dengan bersedekah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW bahwa, 

“Sesungguhnya sedekah itu dapat memadamkan kemarahan Allah dan menolak ketentuan yang buruk.” (HR. Tirmidzi).

“Bersegeralah bersedekah, karena bala tidak pernah mendahului sedekah.” (HR. Thabrani).

“Sesungguhnya sedekah dan silaturahim itu dapat menambah umur dan menolak ketentuan buruk yang tidak disukai dan ingin dijauhi.” (HR. Abu Ya’la Alhambali).

4. Berusaha dengan sungguh-sungguh
Amalan terakhir yang juga bisa merubah takdir adalah berusaha dengan sungguh-sungguh. Pasalnya Allah SWT telah menakdirkan bahwa usaha seorang hamba merupakan amalan yang bisa merubah takdirnya. Sebab Ialah yang menjadikan seorang hamba sesuai dengan apa yang telah diusahakannya.

Sebagaimana firman Allah SWT bahwa,
“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (Qs. ar-Ra’du: 11)

Demikianlah ulasan mengenai empat amalan yang bisa merubah takdir. Namun sesungguhnya keempat amalan ini merupakan suatu bentuk usaha yang bisa dilakukan oleh seorang manusia dengan harapan Allah SWT berkenan merubah takdir yang buruk menjadi takdir yang lebih baik. Oleh sebab itu setelah kita melakukan amalan-amalan tersebut, maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah dengan bertawakal. Yaitu memasrahkan dengan sepenuh hati kepada Allah SWT setelah melakukan usaha yang maksimal.

Sebagaimana firman Allah SWT, 
“Barangsiapa bertawakkal kepada Allah, maka Dia akan mencukupi semua kebutuhannya.” (QS. Ath-Thalaq: 3)


Sumber: palingyunik.blogspot.co.id