Histats

Inilah Maksud Allah Memberi Ujian Kepada Kita

Setiap manusia di dunia ini tentu memperoleh ujian dari Allah,
tetapi apakah Kamu tahu maksud Allah memberi ujian terhadap kita? Mengapa setiap manusia wajib diberi ujian dari Allah? Manusia adalah salah satu makhluk ciptakan Allah yang dibekali dengan akal pikiran yang lengkap dan cerdas, jadi setiap manusia sanggup berpikir mengapa dia diberi ujian oleh Allah SWT.
Baca Juga : 20 Perilaku Durhaka Istri Terhadap Suami

Inilah Maksud Allah Memberi Ujian Kepada Kita

Inilah Maksud Allah Memberi Ujian Terhadap Kami Sebagai Hambanya

Allah menciptakan manusia ke bumi ini supaya manusia senantiasa beribadah kepada-Nya, tetapi tetap tak sedikit manusia yang tersesat dan juga terjerumus dalam lembah dosa. Ujian itu hadiah dari Allah terhadap setiap manusia yang tetap bernafas, tak hanya orang yang tak beriman saja melainkan juga orang yang beriman dan taat menjalankan ibadah kepada-Nya. Mengapa demikian dan apa maksud dan tujuan Allah memberbagi ujian terhadap manusia? Berikut penjelasannya:

1. Untuk membersihkan dan menggolongkan manusia
Tidak sedikit sekali ujian yang diturunkan Allah terhadap manusia, dari ujian kecil sampai ujian besar yang tak sedikit menguras kesabaran. Ujian yang diturunkan Allah terhadap manusia sesungguhnya sebagai media supaya manusia rutin bersabar dan terus mendekatkan diri kepada-Nya. Tetapi ketidak sedikitan dari manusia yang malah menjadi ingkar dan terus jauh dari Allah. Padahal Allah hanya memberbagi ujian terhadap hambanya sebatas dengan kekuatannya tak melebihinya. Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa seorang hamba yang bersabar dan terus mendekatkan diri kepada-Nya maka Allah bakal memberbagi pertolongan, sedangkan orang yang tak bersabar dan malah melenceng dari aliran agama maka celakalah mereka.

2. Menambah derajat dan menghilangkankan dosa
Ingat ujian adalah tanda cinta Allah terhadap hambanya, Allah tak bakal memberbagi ujian diluar performa hambanya, sesungguhnya ujian yang diberbagi Allah terhadap hambanya adalah media untuk menambah derajat dan menghilangkankan dosa-dosanya. Jadi seorang manusia yang sanggup bersabar dan menerima ujian dengan ikhlas dan terus mendekatkan diri terhadap Allah maka Allah bakal menambah derajatnya dan bakal menghilangkankan dosa-dosa yang sudah diperbuatnya.

3. Menempa kepribadian seorang mukmin
Selain sebagai media untuk menambah derajat, ujian yang diberbagi Allah juga adalah salah satu media untuk menempa kepribadian seorang mukmin supaya menjadi pribadi yang tangguh dan tahan terhadap ujian yang diberbagi oleh Allah. Seorang mukmin yang sudah sukses menjalani proses ujian dari Allah adalah seorang hamba yang sukses mempunyai kepribadian yang unggul dalam bersabar dan juga tangguh dalam iman.

4. Menambah kesabaran
Mengapa Allah memberi ujian pada kita? Setiap manusia rutin memperoleh ujian dari Allah dalam beberapa faktor baik itu dari sisi materi dan juga dari sisi hati. Setiap ujian yang diberbagi Allah terhadap setiap hambanya berfungsi untuk mengenal sejauh mana kesabaran dan ketaqwaan hambanya sebab ketidak sedikitan orang yang mengeluh dan malah berpaling dari jalan Allah ketika menerima ujian dari-Nya, jadi hanya orang-orang sabar dan mempunyai ketaqwaan saja yang sanggup menjalani ujian dengan sukses. Orang yang sukses menyelesaikan ujian yang diberbagi oleh Allah bisa mempunyai tingkat kesabaran yang jauh lebih tinggi dari sebelumnya, jadi bisa disimpulkan bahwa ujian yang diberbagi oleh Allah adalah media untuk menambah kesabaran dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

Sebagai umat muslim yang beriman kami wajib berprasangka baik terhadap ujian yang sudah Allah berbagi terhadap kami sebab Allah tak bakal memberbagi ujian melebihi performa setiap hambanya.
Baca Juga : Kisah Insfirasi Seorang Ayah Dan Seekor Burung Gagak

Itulah beberapa info seputar maksud Allah memberi ujian terhadap kami dan nyatanya semua ujian yang diberbagi terhadap manusia adalah sarana untuk menambah keimanan dan ketaqwaan.