Histats

Adzab Untuk Anak Durhaka Akan Disegerakan Di Dunia ini

Tidak sedikit sekali kisah mengenai anak yang durhaka pada orangtua,
Salah satunya merupakan cerita mengenai Malin Kundang yang tak mau mengakui Ibunya kemudian dikutuk menjadi batu. Kemudian ada lagi kisah nyata seorang anak yang berubah menjadi anjing seusai menendang orangtuanya ketika sholat.
Baca Juga : Inilah Ciri – Ciri Wanita Shalihah Menurut Islam

Adzab Untuk Anak Durhaka Akan Disegerakan Di Dunia ini


Biasanya, anak yang durhaka pada orangtuanya, khususnya ibunya. cepat alias lambat tentu bakal terkena adzab (siksa) di dunia ini. Bahkan tak hanya di dunia tapi juga bakal diadzab di akhirat, Sebab durhaka pada orang tua merupakan salah satu tipe dari dosa-dosa besar menurut Islam.

Rasulullah SAW sejak 1400 tahun yang lalu telah mewanti-wanti umatnya supaya jangan hingga mendurhakai orang tua, sebab hukuman bagi pelakunya bakal disegerakan di dunia. Faktor ini termaktub dalam suatu  hadits shahih,



قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: كُلُّ الذُّنُوبِ يُؤَخِّرُ اللَّهُ تَعَالَى مِنْهَا مَا شَاءَ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ ، إِلَّا عُقُوقَ الْوَالِدَيْنِ ، فَإِنَّهُ يُعَجِّلُهُ لِصَاحِبِهِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا قَبْلَ الْمَمَاتِ


Artinya: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabada,”Setiap dosa-dosa, Allah Ta’ala mengakhirkan (balasannya), sebagaimana yang Dirinya kehendaki dari dosa-dosa itu hingga hari kiamat. Kecuali durhaka terhadap kedua orangtuanya, sesungguhnya Allah bakal menyegerakan (balasan) nya bagi pelakunya saat nasib di dunia sebelum wafat.” (Riwayat At Thabarani serta Al Hakim, dishahihkan oleh Al Hakim serta As Suyuthi)

Al Munawi menyebutkan bahwa Allah Ta’ala bakal mengakhirkan balasan setiap dosa-dosa di hari kiamat. Maka di hari itu para pelakunya memperolah balasannya apabila Allah menghendaki. Kecuali hukuman bagi siapa yang berbuat durhaka terhadap kedua orangtua, yakni kedua orangtua kandung Muslim, maka Allah bakal menyegerakan adzab untuknya di dunia.

Dan bagi mereka yang telah melakukan lakukanan durhaka terhadap kedua orangtua, hendaklah mereka tak terlena dengan diakhirkannya berbagai lama akibat dari dosa itu, sebab balasan itu tentu bakal terjadi walau di waktu yang lama.
Baca Juga : Sebuah Kisah Nyata Akibat Membuka Aurat di Facebook

Imam Ad Dzahabi sendiri menyebutkan bahwa durhaka terhadap kedua orangtua tergolong dosa besar. Serta faktor itu telah disepakati para ulama. (lihat, Faidh Al Qadir, 5/ 40)

Semoga bermanfa'at silahkan sharee