Histats

Shalat Sambil Menggendong Bayi Bolehkah

Bolehkah shalat sambil menggendong bayi?? Dalam
beberapa hadits kita jumpai riwayat yang menceritakan bahwa Rasulullah s.a.w. pernah shalat dengan anak kecil berada di pundaknya dan tetap demikian sambil melanjutkan shalat.
Baca Juga : Inilah Amalan yang Membuat Setan Menangis Dan Ketakutan

Shalat Sambil Menggendong Bayi Bolehkah


Telah menceritakan kepada kami Abu Al Walid telah menceritakan kepada kami Al Laits telah menceritakan kepada kami Sa’id Al Maqburi telah menceritakan kepada kami ‘Amru bin Sulaim telah menceritakan kepada kami Abu Qatadah dia berkata; “Nabi s.a.w. keluar menemui kami, sementara Umamah binti Abu Al ‘Ash berada dipundak beliau, kemudian beliau mengerjakan shalat, apabila hendak ruku’ beliau meletakkannya dan apabila bangkit dari ruku beliau pun mengangkatnya kembali.” (H.R. Bukhari No. 5537)

Ketika ruku dan sujud bayi tersebut boleh tetap digendong atau diletakkan dulu di hadapan kita.
Telah menceritakan kepadaku Abu ath-Thahir telah mengabarkan kepada kami Ibnu Wahb dari Makhramah bin Bukair dia berkata, –Lewat jalur periwayatan lain– dan telah menceritakan kepada kami Harun bin Sa’id al-Aili telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb telah mengabarkan kepadaku Makhramah dari Bapaknya dari Amru bin Sulaim az-Zuraqi dia berkata, Saya mendengar Abu Qatadah al-Anshari berkata, “Saya melihat Rasulullah s.a.w. mengimami shalat orang-orang, sedangkan Umamah binti Abu al-’Ash berada di atas pundaknya. Apabila beliau sujud, maka beliau meletakkannya.” (H.R. Muslim No. 846)

Telah mengabarkan kepada kami Qutaibah dia berkata; telah menceritakan kepada kami Sufyan dari ‘Utsman bin Abi Sulaiman dari ‘Amir bin ‘Abdullah bin Az Zubair dari ‘Amr bin Sulaim dari Abu Qatadah dia berkata; “Aku melihat Rasulullah s.a.w. mengimami shalat manusia dengan menggendong Umamah binti Abu Al Ash di pundaknya. Jika ruku’ maka beliau meletakkannya dan ketika selesai dari sujud maka beliau menggendongnya kembali.” (H.R. Nasa’i No. 1190) Nashiruddin Al-Albani mengatakan hadits ini shahih
Tentu saja ini berarti terpaksa melakukan gerakan-gerakan yang bukan gerakan shalat. Dan hal ini dibolehkan jika memang ada perlunya.

Sebagian orang tentu telah tertanam sejak dulu keyakinan bahwa shalat itu tidak boleh bergerak sama sekali selain dari gerakan shalat. Hal ini secara umum benar. Namun dalam syari’at Islam ada hal-hal yang secara umum adalah tidak dibolehkan, namun dibolehkan jika ada perlunya. Salah satunya adalah mengasuh bayi jika memang tak ada orang lain yang dapat menggantikan mengasuhnya.

Demikianlah dikisahkan dalam banyak hadits di atas, dan kami tambahkan lagi hadits berikut ini :
Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Khalaf telah menceritakan kepada kami Abdul A’la telah menceritakan kepada kami Muhammad yakni Ibnu Ishaq dari Sa’id bin Abu Sa’id Al Maqburi dari ‘Amru bin Sulaim Az Zuraqi dari Abu Qatadah salah seorang sahabat Rasulullah s.a.w., katanya; “Ketika kami menunggu Rasulullah s.a.w.untuk mengerjakan shalat dluhur atau shalat Ashar (berjama’ah), dan Bilal pun telah mengumandangkan iqamah untuk shalat, tiba-tiba beliau muncul menggendong Umamah anak putrinya (Zainab) di tengkuk beliau, kemudian Rasulullah s.a.w.shalat sedangkan kami berada di belakang beliau, sementara Umamah masih dalam posisinya semula.” Abu Qatadah berkata; “Kamudian beliau bertakbir, kami pun bertakbir, sehingga ketika beliau hendak ruku’, beliau mengambil dari tengkuknya dan meletakkannya, lalu beliau ruku’ dan sujud, seusainya sujud dan hendak berdiri, beliau mengambilnya lagi dan meletakkan kembali di posisi semula, Rasulullah s.a.w.melakukan yang demikian itu di setiap raka’atnya hingga selesai dari shalatnya s.a.w.” (H.R. Abu Daud No. 785)
Baca Juga : Ternyata Ini Beberapa Alasan Wanita Enggan Menggenakan Jilbab

Telah menceritakan kepada kami Sufyan dari ‘Utsman bin Abu Sulaiman dan Ibnu ‘Ajlan dari ‘Amir bin ‘Abdullah bin Az Zubair dari ‘Amr bin Sulaim dari Abu Qatadah berkata; Aku melihat Rasulullah s.a.w.mengimami orang dan beliau menggendong Umamah binti Abu Al ‘Ash, bila ruku’ beliau meletakkannya dan bila usia sujud beliau mengangkatnya. (H.R. Ahmad No. 21493)
Maka kesimpulannya, shalat sambil menggendong bayi itu dibolehkan. Wallahua’lam.