Informasi Dunia Islam

Friday, 26 February 2016

Sedekah Tanpa Uang yang Bisa Dilakukan Sejak Pagi

Beramal tak selamanya harus mengeluarkan harta benda. Hal ini
membuat tidak ada alasan lagi untuk orang miskin enggan untuk bersedekah karena mereka tidak perlu mengeluarkan uang. Sungguh Allah selalu memberi kemudahan bagi setiap umat-Nya untuk beramal baik.

Sedekah Tanpa Uang yang Bisa Dilakukan Sejak Pagi


Terdapat beberapa amalan baik yang bisa kita lakukan tanpa mengurangi sedikit pun harta benda kita. Hal ini pernah disampaikan oleh Rasulullah, yakni:

1. Menyebar salam
Islam menganjurkan pada setiap umat-Nya untuk saling mengucapkan salam saat bertemu dengan sesama muslim. Mengucapkan salam adalah sunnah tapi menjawab salam adalah wajib bagi kita. Inilah adab memberi dan menjawab salam. Sekarang ini banyak anak muda yang menggunakan sosmed hanya untuk update status galau. Mengganti kebiasaan itu dengan menyebarkan salah akan lebih baik. Tapi, niatkan dalam hati ucapan salam sebagai sedekah agar memperoleh pahala sedekah juga.

2. Tersenyum
Sebuah hadits menjelaskan bahwa tersenyum pada saudara merupakan suatu sedekah. Amalan ini adalah ibadah yang paling mudah dilakukan pada orang sekitar. Wajah akan terlihat manis jika seseorang sedang tersenyum. Maka hindarilah wajah yang merengut hanya karena suatu masalah yang kecil. Tersenyum pada semua orang, baik itu tetangga, teman, ataupun orang yang tidak kenal sekalipun akan memperluas silaturahmi. Mungkin beberapa orang menganggap remeh akan manfaat dari senyum. Sesungguhnya, keceriaan dalam senyum dapat menularkan semangat pada orang lain. Inilah keutamaan senyum menurut Islam yang dapat bernilai sebagai ibadah dan dapat menyebar kebahagiaan bagi setiap orang.

3. Menyingkirkan penghalang di jalanan seperti paku
Jalanan adalah tempat yang sering dilewati oleh banyak orang. Jalan yang mulus akan membuat kita terasa nyaman. Penghalang di jalanan akan mengganggu kita, bahkan bisa menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, jika kita melihat penghalang di jalanan, seperti paku, batu, atau yang lainnya, maka lebih baik jika kita mengambil penghalang itu untuk disingkirkan ke pinggir jalan agar tidak mengganggu perjalanan orang lain. Apabila kita melakukan hal ini dengan ikhlas maka akan terhitung sebagai sedekah. Inilah menyingkirkan penghalang di jalan menurut Islam.

4. Berbagi makanan
Sarapan adalah hal yang penting untuk mengawali pagi kita. Namun, tak semua orang menyempatkan diri untuk sarapan. Apabila kita memiliki teman yang jarang sarapan karena tidak memiliki waktu ataupun uang, maka kita bisa berbagi makanan dengan teman sebagai sedekah. Selain itu, bisa juga kita dengan sengaja membelikan makanan ringan untuk satpam saat masuk kantor. Meskipun kelihatannya sepele, hal ini akan membuat senang orang tersebut.

5. Berhubungan suami istri
Salah satu tujuan dari pernikahan adalah meneruskan keturunan. Untuk mencapai tujuan itu, maka pasangan suami istri harus melakukan hubungan intim. Namun, hal ini seharusnya tidak hanya digunakan sebagai pelampiasan syahwat atau sekedar ekspresi cinta, tetapi juga sebagai sedekah atau ibadah. Sebuah hadits menjelaskan sebaiknya ketika melakukan hubungan intim maka niatkanlah seperti sedekah. Hubungan suami istri dalam islam InsyaAllah akan mendapatkan ridho dari Allah. Oleh karena itu, kita tidak perlu melakukan ibadah tanpa mengeluarkan uang sedikit pun.

Sebagai seorang muslim, kita harus tahu sejumlah ibadah yang bisa kita lakukan tanpa mengeluarkan harta benda. Hal ini dilakukan agar kita tetap bisa beribadah meskipun tak memiliki uang.


Sumber : kumpulanmisteri.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sedekah Tanpa Uang yang Bisa Dilakukan Sejak Pagi

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Mohon Komentatnya Tidak Melanggar TOS
1.Tidak saling menghina
2.menghargai postingan ini
3.Berkomentarlah sesuai dengan postingan atau relevan
4.Berkomentarlah dengan bahasa indonesia yang abik
5.Hargai pendapat orang lain
6.Harap tidak memasang link aktif