Informasi Dunia Islam

Wednesday, 13 April 2016

Mengenal Arasy, Makhluk Ciptaan Allah yang Terbesar

Ya, sebagai umat Muslim kita memang harus senantiasa mengakui
bahwa Allah SWT lah yang paling mulia di antara segalanya, sejagat raya. Allah juga lah yang mengatur segala isi bumi termasuk segala hal yang diciptakan-Nya termasuk makhluk-makhluk-Nya. Pernahkah Anda mendengar informasi mengenai Arasy? Mari mengenal Arasy, makhluk ciptaan Allah yang terbesar yang sudah sewajarnya kita kenal. Ulasan dalam artikel berikut ini akan membahas deskripsi makhluk tersebut dan apa yang tertulis dalam Al-Qur’an mengenai makhluk bersangkutan.

Mengenal Arasy, Makhluk Ciptaan Allah yang Terbesar


Tahukah Anda, ternyata Arasy dalam Islam merupakan makhluk terbesar dibandingkan makhluk-makhluk ciptaan Allah yang lain. Ada firman Allah Sang Pencipta yang tertulis dalam Al Qur’an bahwa tiada Allah yang disembah selain Allah yang kita ketahui secara Muslim, Dia-lah yang juga Empunya Arasy yang besar. Menurut Ahlu Sunnah, Arasy berarti makhluk Allah berupa singgasana kubah yang tersedia juga tiang-tiang dipikul di dalamnya. Arasy ini dikelilingi juga oleh sekelompok malaikat Allah. Seluruh malaikat tersebut berada di penjuru langit, delapan malaikat ini bahkan menjunjung tinggi Arasy di atas kepala mereka masing-masing. Bayangkan betapa luar biasanya makhluk ini. Tertulis juga firman Allah bahwa para malaikat yang mengelilingi makhluk Arasy ini melakukan tasbih sambil memuji Rabb, mereka diberi wewenang yang tidak dimiliki oleh hamba Allah Yang Maha Kuasa yang lain. Dalam bekerja, seluruh malaikat ini juga memuji nama Allah senantiasa. Dari gambaran ini saja kita bisa tahu bahwa Arasy makhluk tertinggi dalam Islam.

Anda mungkin bertanya-tanya mengenai tafsir para imam. Menurut mereka, Arasy merupakan tempat yang di dalamnya tersedia fisik sekaligus materi, bukan hanya suatu ungkapan kiasan seperti yang lainnya. Imam Al-Baihaqi bahkan menyatakan bahwa Arasy ini khusus diciptakan langsung oleh Allah untuk memiliki kedudukan dekat dengan-Nya, dialah singgasana yang paling besar dan paling mulia. Allah meminta para malaikat untuk memikul Arasy ini dan beribadah sambil mengagungkannya serta bertawaf pada Arasy. Layaknya Allah menciptakan rumah di bumi dan meminta Adam bertawaf kepada rumah tersebut.

Masih banyak lagi dalil-dalil serta hadits yang menyatakan kebesaran Arasy dalam Al Qur’an. Ibnu Katsir juga menyatakan hal berikut saat menceritakan Arasy. Makhluk ini merupakan singgasana yang di bawahnya tersedia tiang-tiang yang dipikul oleh para malaikat Allah. Bentuknya sendiri menyerupai kubah dan dialah atap para makhluk ciptaan Allah yang lain. Imam Adz-Dzahabiy berkata bahwa Arasy ini sangat bagus, indah, elok, dan kedudukannya sangat tinggi di mata Allah sekalipun, jadi sama halnya di mata para Nabi dan manusia (seharusnya). Arasy ini juga terbuat dari yaqut, yaqut berupa permata berwarna merah yang tak ternilai keindahannya. Sebagai tambahan lain, makhluk ini benar-benar dipelihara oleh Allah sehingga kita sebagai manusia pun harus menghargai keberadaannya.

Berdasarkan apa yang sudah dinyatakan, kita jadi tahu bahwa surga itu sebenarnya bertingkat. Bentuk tingkatannya ini seperti lingkaran parabola dan yang tertinggi berada di tengah-tengah. Tempat itulah yang menaungi Arasy sehingga kedudukannya pun bisa dikatakan tertinggi. Oleh karena itu, salah bila orang-orang menyatakan Allah ada dimana-mana, berbeda dengan kemuliaan dan keagungan-Nya sendiri dimana Ia menugaskan Arasy sebagai pembantu untuk menaungi seluruh manusia terutama umat Muslim. Jadi, kita ini sebenarnya berada di bawah naungan Arasy, makhluk tertinggi tersebut. Bagaimana, cukup membantukah artikel untuk mengenal Arasy, makhluk ciptaan Allah yang terbesar? Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Sumber: kumpulanmisteri.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Arasy, Makhluk Ciptaan Allah yang Terbesar

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Mohon Komentatnya Tidak Melanggar TOS
1.Tidak saling menghina
2.menghargai postingan ini
3.Berkomentarlah sesuai dengan postingan atau relevan
4.Berkomentarlah dengan bahasa indonesia yang abik
5.Hargai pendapat orang lain
6.Harap tidak memasang link aktif