Histats

Inilah 3 Hal Yang Harus Disegerakan Untuk Dilakukan

Dalam menjalani kehidupan ada beberapa hal yang lebih
diutamakan dan menjadi prioritas untuk dikerjakan terlebih dahulu dibandingkan yang lainnya. Sebab setiap orang memiliki tujuan, harapan dan keinginan yang berbeda-beda, sehingga skala prioritas pun menjadi berbeda-beda pula sesuai dengan segala pertimbangan yang telah ditentukan.

Inilah 3 Hal Yang Harus Disegerakan Untuk Dilakukan


Namun ternyata ada tiga hal yang diwasiatkan oleh Rasulullah SAW kepada menantunya Ali bin Abi Thalib tentang tiga hal yang harus disegerakan dan tidak boleh ditunda-tunda. Akan tetapi dimasa sekarang ini ketiga hal tersebut justru malah sering ditunda-tunda dengan berbagai alasan. Padahal menurut Rasulullah SAW, perbuatan baik yang paling utama adalah yang disegerakan. Seperti hal nya yang biasa beliau lakukan dalam setiap aktivitasnya.

Lantas apa sajakah ketiga hal yang harus disegerakan dan tidak boleh ditunda-tunda tersebut ? Berikut ini penjelasannya.

Dalam sebuah hadits riwayat, disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda

“Wahai Ali, ada tiga perkara yang tidak boleh engkau tunda, yakni shalat jika telah tiba waktunya, jenazah apabila telah hadir, dan wanita apabila telah ada calon suami yang sekufu” (HR. Tirmidzi dan Ahmad; hasan)

1. Shalat tepat waktu
Hal pertama yang harus disegerakan untuk dilakukan adalah shalat tepat waktu. Banyak keutamaan yang akan di dapatkan oleh seseorang yang melaksanakan shalat tepat waktu. Bahkan Rasulullah SAW pun mengajarkan umatnya agar shalat tepat waktu. 

Akan tetapi kenyataan yang saat ini banyak terjadi adalah ketika adzan telah berkumandang, tidak sedikit orang yang masih sibuk dengan aktivitas dunianya. Sehingga mereka memilih untuk menunda shalat hingga pekerjaan atau aktivitasnya selesai. 

Padahal apapun alasannya, sebagai seorang muslim yang taat dan beriman sudah seharusnya kita mendahulukan panggilan-Nya. Sebab shalat merupakan pertemuan dengan Allah yang seharusnya kita nantikan. Dimana pada saat itulah kita bisa menceritakan semua keluh kesah serta mengungkapkan rasa syukur atas segala nikmat dan karunia-Nya. 

2. Memakamkan jenazah
Hal kedua yang juga harus disegerakan adalah memakamkan jenazah. Oleh sebab itu, jenazah harus diperlakukan dengan segera dan jangan ditunda-tunda. Dengan demikian jenazah tersebut harus segera dimandikan, dikafani, dishalatkan dan dimakamkan. 

Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits bahwa menyegerakan pemakaman jenazah bertujuan agar apabila ia seorang yang taat, maka kita dapat mempercepat ia bertemu nikmat-Nya, sedangkan apabila ia seorang pendosa, maka berarti kita mempercepat berlepas dari fitnahnya.

Namun yang terjadi saat ini, tidak sedikit orang yang dengan sengaja menunda pemakaman jenazah dengan alasan bahwa menunggu kedatangan sleuruh karib kerabat agar bisa melihat wajah si mayit untuk terakhir kalinya. 

3. Menikahkan wanita yang telah datang jodohnya
Hal ketiga yang juga harus disegerakan dan tidak boleh ditunda-tunda adalah menikahkan wanita yang telah datang jodohnya. Bahkan Rasulullah SAW sangat menganjurkan bagi para orang tua agar segera menikahkan putrinya apabila telah ada pria sekufu yang melamarnya. 

Dan menurut para ulama, sekufu yang dimaksud adalah dalam agama. Dimana hal ini juga senada dengan hadits lainnya yang mengatakan bahwa apabila telah datang seorang pria shaleh yang melamar maka hendaklah diterima. Sebab bila tidak, maka dapat menimbulkan fitnah dan kerusakan yang terjadi di muka bumi. 

Demikianlah tiga hal yang diwasiatkan oleh Rasulullah SAW untuk segera dilakukan dan tidak boleh ditunda-tunda pelaksanaannya. Dengan demikian sebagai umat muslim yang beriman, maka sudah seharusnya kita menyegerakan untuk melakukan hal-hal baik yang ada disekitar kita. Semoga bermanfaat.


Sumber: palingyunik.blogspot.co.id