Histats

Ajaibnya Berpuasa Di Bulan Muharram

Ajaibnya berpuasa di bulan Muharram – Dalam agama Islam memang kita memiliki beberapa bulan yang dianggap baik salah satunya adalah bulan Muharram.

Ajaibnya Berpuasa Di Bulan Muharram

Bahkan saking mulianya bulan Muharram ini diabadikan dalam AL Quran yaitu dalam QS At Taubah ayat 36 :

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الْوَهَّابِ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ ابْنِ أَبِي بَكْرَةَ عَنْ أَبِي بَكْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ الزَّمَانَ قَدْ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ اللَّهُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ثَلَاثٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

36. Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram[640]. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu Menganiaya diri[641] kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

Dan yang salah satu bulan yang dimaksud dalam 4 bulan Haram tersebut adalah bulan Muharram. Sehingga  pada bulan-bulan tersebut memang dianjurkan untuk melakukan puasa sunat salah satunya adanya puasa Asyura yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Muharram. Di puasa Asyra tersebut memabg terdapat banyak sekali keutamaan-keutamaan yang terkandung di dalamnya.
Dari Ibnu Abbas RA berkata Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa berpuasa di hari Asyura' (10 Muharam),

maka Allah SWT memberinya pahala 10.000 malaikat dan barangsiapa yang berpuasa di hari Asyura' (10 Muharam) maka diberi pahala 10.000 orang berhaji dan berumrah, dan 10.000 pahala orang mati syahid.
Barangsiapa mengusap kepala anak-anak yatim di hari tersebut, maka Allah SWT menaikkan dengan setiap rambut satu derajat. Barangsiapa yang memberi makan kepada orang yang berbuka puasa pada orang mukmin di hari Asyura', maka seolah-olah dia memberi makan seluruh umat Rasulullah SAW yang berbuka puasa dan mengenyangkan perut mereka."

Melihat dahsyatnya puasa yang dilakukan pada tanggal 10 Muharram ini tentunya memang banyak hal yang melatar belakang keistimewaan bulan Muharram itu sendiri.