Histats

INI ALASAN DIPILIHNYA JAZIRAH ARAB SEBAGAI TEMPAT TUMBUH DAN BERKEMBANGNYA AGAMA ISLAM....

Pada masa itu jazirah Arab hidup dalam tenang, jauh dari kepincangan
akhlak dan moral yang didasari sifat materialistik. Meskipun kita tau bahwa di Arab saat itu, penguburan hidup-hidup anak perempuan tengah 'populer'. Tapi mari kita pahami alasan mereka.
Baca Juga : Inilah 6 Cara Agar Doa Kita Dikabulkan Allah SWT

INI ALASAN DIPILIHNYA JAZIRAH ARAB SEBAGAI TEMPAT TUMBUH DAN BERKEMBANGNYA AGAMA ISLAM....


Dibanding negara Persia, Jazirah Arab tak memiliki kemewahan yang dapat memungkinkan mereka kreatif dan pandai menciptakan kemerosotan-kemerosotan, filsafat keserbabolehan, dan kebejatan moral yang dikemas atas nama agama.

Mereka juga tak memiliki kekuatan militer sekuat Romawi yang mendorong mereka melakukan ekspansi ke negara-negara tetangga. Mereka juga tak memiliki filosofi-filosofi khayalan dan mitos-mitos seperti bangsa Yunani.

Karakteristik mereka seperti bahan baku yang siap diolah. Masih menampakkan fitrahnya sebagai manusia mulia; setia, penolong, dermawan, rasa harga diri, kesucian, dan kepahlawanan. Hanya saja mereka tak memiliki pengarah yang akan mengungkapkan jalan ke arah itu. Akibatnya mereka sesat; Membunuh anak dengan dalih kemuliaan dan kesucian, memusnahkan harta dengan alasan kedermawanan, dan memicu peperangan dengan dalih harga diri dan kepahlawanan.
Allah subhanahu wata'ala berfirman :

"Dan sesungguhnya kamu sebelum itu benar-benar termasuk orang-orang yang sesat"
(QS. Al-Baqarah: 198)

Maka setelah kita ketahui tabiat dan letak geografis Jazirah Arab, kita dapat memaknai secara Ilahiyah kenapa Allah memilih Jazirah Arab sebagai tempat tumbuh dan brkembangnya Islam.
Dengan kata lain saat itu Arab tengah berada pada masa pencarian. Mereka menyembah Allah tapi tak tau cara, sehingga mereka menyembah berhala Al-latta dan Al-Uzza yang sebenarnya adalah orang-orang shalih diantara mereka dahulu.
Baca Juga : Ketahui 5 Perilaku Anak Durhaka pada Orang Tua Di Sini!

Untuk itulah diutus seorang manusia mulia untuk mengarahkan mereka, karena sejatinya tabiat dan letak geografis mereka menjadi modal yang amat berharga bagi dakwah Rasulullah shalallaahu 'alayhi wasallaam.
Wallahu a'lam

Semoga bermanfa'at silahkan share